Hutan Hujan Tropis, Hutan yang Punya Kanopi

By Sylvana Toemon, Selasa, 28 November 2017 | 00:10 WIB
Hutan hujan tropis (Sylvana Toemon)

Indonesia adalah negara yang memiliki hutan hujan tropis yang luas. Para peneliti percaya, separuh dari tumbuhan dan hewan yang ada di Bumi, dapat ditemukan di hutan hujan tropis. Itu artinya, di Indonesia juga kaya dengan aneka tumbuhan dan hewan.

Baca juga: Menjaga Hutan Indonesia

Iklim Hangat, Curah Hujan Tinggi

Hutan hujan tropis adalah hutan dengan pohon-pohon yang tinggi, iklim yang hangat, dan curah hujan yang tinggi. Hutan hujan tropis tentu saja hanya ditemukan di daerah tropis, yaitu yang terletak di sekitar garis khatulistiwa. Hutan hujan tropis tersebar di Afrika, Amerika Selatan dan juga di negara kita, Indonesia.

Baca juga: Perbedaan Cuaca dan Iklim

Punya Kanopi

Kanopi adalah  penutup hutan hujan yang tersusun dari dahan dan daun-daun pohon. Tingginya sekitar 30 meter dari permukaan tanah. Di kanopi hutan hujan tropis ini sangat banyak makhluk hidup, bahkan lebih banyak daripada di muka tanah. Burung, monyet, ngengat, kadal adalah beberapa hewan yang hidup di kanopi hutan hujan.

Baca juga: Si Hitam Putih Penghuni Hutan

Berkomunikasi dengan Suara

Banyaknya dedaunan di kanopi membuat penghuninya susah untuk melihat jauh. Hal itu membuat hewan-hewan yang tinggal di kanopi mengeluarkan suara dengan nada-nada khusus untuk saling berkomunikasi. Itu pula sebabnya kita sering mendengar teriakan hewan-hewan kalau ke hutan. Apakah kamu pernah mendengar keriuhan penghuni hutan?