Ikan Mas Koki Mata Gelembung

By willa widiana, Senin, 27 November 2017 | 11:49 WIB
Ikan mas koki mata gelembung (willa widiana)

Ikan ini sama seperti ikan mas koki pada umumnya, tapi matanya kok menggelembung, ya? Apakah dia sakit?

Kantung Cairan

Ternyata... gelembung yang ada di bawah kedua matanya adalah kantung cairan. Berkat kantung cairan ini, ikan ini dijuluki ikan mas koki mata gelembung. Kantung cairan ini mulai tumbuh saat ikan berusia 6 – 9 bulan. Semakin besar usia si ikan, semakin besar juga kantung cairannya. Namun sayang, kantung cairan yang semakin besar akan membuat ikan sulit melihat.

Susah Berenang

Kantung cairan yang ada di bawah matanya memang unik. Namun, tahukah Teman-teman, kalau kantung cairan itu membuat ikan mas koki ini kesulitan berenang? Apalagi, ia tidak punya sirip belakang, jadi berenangnya semakin lambat. Karena tidak bisa berenang dengan cepat, ikan mas koki inipun lebih sering berada di dasar air.

Mudah Pecah

Kantung cairan itu ternyata mudah pecah. Saat berada di dasar air, ia akan memilih tempat yang tidak berbatu. Sebab, batu yang ada di dasar air bisa membuat gelembungnya pecah. O iya, ikan-ikan lain juga bisa membuat gelembungnya pecah. Jadi, ia lebih senang berada di tempat yang sepi. Kasihan, ya, ikan mas koki ini. Ia pasti kesepian.

Baca Juga: Fakta Unik Ikan Mas Koki

Infeksi

Kantung cairan yang pecang memang bisa tumbuh lagi. Namun, saat pecah, ia bisa terkena infeksi karena luka dari pecahan kantungnya terkena bakteri. Kalau sudah infeksi, ikan ini bisa mati. Aduh... kasihan sekali, ya! Ikan mas koki mata gelembung sepertinya harus di rawat oleh orang yang ahli dan telaten.

Ikan mas koki mata gelembung diperkirakan sudah ada sejak tahun 1900-an di Tiongkok. Namun, sampai saat ini, belum diketahui dari mana asal ikan ini.

Teks: Lita/Willa, Foto: Creative Commons