Tips Bikin Kamar jadi Nyaman

By Aan Madrus, Selasa, 28 November 2017 | 04:08 WIB
Kamar yang nyaman, bersih, dan rapi (Aan Madrus)

Kamar adalah tempat kita tidur, belajar, beristirahat, dan bersantai.  Karena itu, kamar harus dibuat senyaman mungkin. Kamar nyaman itu bukanlah kamar yang mewah, melainkan yang besih, rapi, dan sehat. Untuk membuat kamar jadi nyaman, yuk ikuti tips berikut ini!

1. Bukalah jendela lebar-lebar. Udara bersih pasti segera masuk ke dalam kamar. Cahaya matahari juga ikut masuk. Cahaya matahari membuat kamar tidak lembab dan membunuh kuman-kuman.

2. Tempat tidur dirapikan. Lantai disapu dan dipel. Lakukan ini setiap hari.

3. Kembalikan barang ke tempatnya segera setelah digunakan. Misalnya kembalikan buku ke rak buku segera setelah selesai dibaca. Taruh handuk di rak handuk segera setelah mandi. Taruh baju kotor di dalam keranjang cucian segera setelah ganti baju. Dengan cara seperti ini dijamin kamar selalu rapi.

4.Lakukan hal berikut ini seminggu sekali! Mengganti seprei, menjemur minimal bantal dan guling, merapikan beja belajar, dan merapikan lemari pakaian. Supaya tidak berat, kita tak perlu sekaligus melakukannya. Buatlah jadwal. Misalnya, hari jumat, merapikan meja belajar. Hari Sabtu membereskan lemari pakaian. Hari Minggu mengganti seprei dan menjemur bantai guling.

5. Ganti suasana baru dalam kamar. Caranya antara lain dengan menukar posisi mebel. Misalnya tempat tidur yang melintang arah utara selatan, diputar jadi arah barat timur. Atau memindahkan meja belajar dari sisi sebelah kiri tempat tidur, ke sisi sebelah kanan. Untuk ini mintalah bantuan orang dewasa. Kita juga bisa mengganti suasana kamar dengan mengganti hiasan yang ada di kamar. Sst … setahun sekali, boleh juga kita minta kepada orang tua untuk mengganti warna cat dinding.

Nah, bagaimana? Enggak susah, kan membuat kamar jadi nyaman?

Foto: Creative Commons