Hari Dongeng Nasional

By Sylvana Toemon, Selasa, 28 November 2017 | 05:15 WIB
Hari Dongeng Nasional dirayakan setiap tanggal 28 November (Sylvana Toemon)

Hari Dongeng Nasional dirayakan setiap tanggal 28 November. Perayaan ini baru ada sejak tahun 2015. Mengapa tanggal 28 November yang dipilih, ya?

Tanggal Lahir Pak Raden

Hari Dongeng Nasional dideklarasikan di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 28 November 2015. Tanggal 28 November adalah peringatan hari kelahiran Drs. Suyadi atau yang dilebih dikenal dengan nama Pak Raden. Pak Raden adalah tokoh dalam film seri boneka Unyil yang pernah ditayangkan bertahun-tahun yang lalu.

Baca juga: 7 Tips Membuat Dongeng yang Mudah Dilakukan

Tokoh yang Diingat Masyarakat

Tokoh Pak Raden digambarkan sebagai karakter bapak yang pemarah dan selalu mengenakan pakaian khas Jawa. Unyil dan teman-temannya sering sekali ditegur oleh Pak Raden. Pak Suyadi yang menjadi pengisi suaranya. Dalam beberapa penampilan Pak Suyadi, dia sering mengenakan pakaian seperti Pak Raden. Orang-orang kemudian lebih mengenalnya dengan nama Pak Raden. Tokoh ini salah satu yang paling mudah diingat dalam film seri boneka itu.

Baca juga: Mengapa Ada Dongeng Sebelum Tidur?

Dongeng untuk Anak

Selain mahir menjadi pengisi suara, Pak Suyadi juga suka bercerita. Ia sering mendongeng untuk anak-anak. Pak Suyadi memang sangat mencintai dunia anak-anak. Selain itu, Pak Suyadi juga suka melukis. Pak Suyadi menggunakan keterampilannya ini untuk menghibur dan memberi inspirasi bagi anak-anak Indonesia. Tanggal kelahiran Pak Raden dipilih sebagai Hari Dongeng Nasional untuk mengingat keteladanannya dalam mengembangkan dongeng di Indonesia.

Dongeng itu ternyata banyak gunanya bagi kita, lo. Apakah kamu suka membaca dongeng di Majalah Bobo? Baca juga dongeng-dongeng yang di Bobo.id. Klik di sini.