Mungkinkah Pluto dan Ceres Adalah Saudara Kembar?

By Cirana Merisa, Selasa, 28 November 2017 | 08:23 WIB
Menurut astronom, Pluto (kiri) dan ceres (kanan) merupakan saudara kembar. (Cirana Merisa)

Teman-teman tahu Pluto dan Ceres? Planet kerdil yang ada di tata surya kita ini ternyata memiliki banyak kesamaan sehingga para astronom menganggap mereka adalah saudara kembar yang terpisah.

Saudara Kembar

Menurut para astronom, dua planet kerdil ini merupakan saudara kembar. Banyak persamaan antara Pluto dan Ceres, lo. Planet ini sama-sama memiliki zat amonia di permukaannya. Keduanya juga memiliki gunung berapi sedingin es dengan cairan di bawah permukaannya.

Baca juga: Misteri di Luar Angkasa

Gunung berapi es atau kriovolkano ini juga aktif dan baru saja meletus, lo. Kalau meletus, gunung ini mengeluarkan lahar dingin. Kriovolkano di Pluto ada 2 gunung yang disebut Wright Montes dan Piccard Montes. Sedangkan Ceres hanya memiliki satu kriovolkano bernama Ahuna Mons yang berbentuk seperti kubah berukuran setengahnya Gunung Everest.

Kembar Tapi Tak Sama

Tak ada saudara kembar yang sepenuhnya sama, begitu juga Pluto dan Ceres. Mereka juga memiliki perbedaan. Hal ini disebabkan karena lokasinya mereka yang berjauhan sehingga pancaran sinar matahari yang didapat juga berbeda. Pluto terletak di ujung tata surya, jauh dari Matahari. Sedangkan Ceres berada di sabuk asteroid, di antara Mars dan Jupiter.

Baca juga: Sabuk Asteroid di Antara Mars dan Jupiter

Ukuran Pluto tiga kali lebih besar daripada Ceres dan memiliki beberapa bulan. Pluto memiliki atmosfer tipis dan redup, sedangkan Ceres hanya memiliki gas di atasnya. Permukaan Pluto tertutupi oleh es metana dan nitrogen, sedangkan Ceres mengandung campuran es baru dan air.

Suhu di Pluto sangat dingin, sekitar -119 derajat Celcius, karena jauh dari Matahari. Sedangkan suhu di Ceres lebih hangat, walaupun tidak sehangat Bumi, yaitu sekitar -38 derajat Celcius.

Baca juga: Planet Tetangga yang Mirip Bumi

Planet Mendorong Planet

Kalau Pluto dan Ceres merupakan saudara kembar, kenapa mereka saling berjauhan? Menurut penelitian para astronom, sebenarnya Ceres dan Pluto awalnya berada berdekatan. Saat tata surya terbentuk miliaran tahun lalu, planet-planet tidak memiliki orbitnya masing-masing.

Menurut salah satu teori astronomi, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus dulunya termasuk tata surya bagian dalam yang jaraknya dekat dengan Matahari. Di bagian ujung tata surya, terbentuklah benda-benda langit kecil seperti Pluto dan Ceres.

Baca juga: Pluto, Planet yang ‘Dibuang’

Namun karena adanya gravitasi yang besar, planet-planet besar menyebar dan saling menjauh hingga seperti sekarang ini. Mereka inilah yang mendorong benda-benda kecil dan membuatnya menyebar ke segala arah. Neptunus  semakin mendorong Pluto ke ujung tata surya, sedangkan Jupiter dan Saturnus membawa Ceres ke sabuk asteroid.