Perbedaan Virus dan Bakteri

By Putri Puspita, Selasa, 28 November 2017 | 10:00 WIB
Perbedaan bakteri dan virus (Putri Puspita)

Beberapa penyakit disebabkan oleh bakteri dan virus, tetapi masih banyak yang bingung mengenai perbedaan keduanya. Nah, supaya lebih mengerti bahwa virus dan bakteri itu berbeda,  yuk, simak ulasan berikut ini!

Ukuran

Walaupun sama-sama tidak dapat langsung dilihat oleh mata, tapi ukuran virus jauh lebih kecil daripada bakteri. Virus berukuran kira-kira 10 – 100 kali lebih kecil daripada bakteri.

Sel Inang

Saat menjalankan kehidupan, bakteri bisa hidup bisa hidup secara mandiri walaupun di permukaan benda mati, sedangkan virus memerlukan sel inang dari makhluk hidup. Tanpa sel yang hidup, virus tidak akan berkembang, tidak bergerak, dan berupa benda mati. Namun, virus tahan sebagai benda mati karena nantinya ketika bertemu dengan sel hidup, ia  bisa hidup kembali. Hal ini membuat virus sangat sulit untuk dibasmi.

Berkembang Biak

Bakteri memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri, salah satu caranya adalah membelah diri. Bakteri bisa berkembang biak tanpa perlu bantuan dari sel atau makhluk hidup lainnya.

Hal ini berbeda dengan cara berkembang biak virus yang bersifat “membajak sel hidup”. Virus akan masuk ke dalam sel hidup, kemudian menyalurkan materi genetik yang dibawa virus ke dalam sel tersebut. Nantinya, sel akan terbajak sehingga bisa memproduksi lebih banyak virus serupa dengan virus yang membajaknya. Wah, seram ya!

Teks: Putri Puspita | Bobo.ID

Foto: https://microbiologyinfo.com