Desman, Si Buta dari Rusia

By willa widiana, Selasa, 28 November 2017 | 11:56 WIB
Desman, si buta dari Rusia (willa widiana)

Selain tikus tanah hidung bintang, ada hewan lain yang hampir tidak bisa melihat. Dia adalah desman, si buta dari Rusia. Kita berkenalan dengan dia, yuk!

Desmana Moschata

Namanya Desmana Moschata. Orang-orang biasa memanggilnya desman rusia. Sesuai nama belakangnya, hewan ini hidup di Rusia. Desman suka makan udang, hewan amphibi, dan serangga yang ada di sekitar sungai.

Semi-Aquatik

Desman rusia adalah mamalia semi-aquatik. Jadi, mereka tinggal di sekitar Sungai Nolga, Sungai Don, dan Sungai Ural. Karena suka menghabiskan waktu di dalam air, para desman punya ekor yang pipih dan kaki belakang yang berselaput. Dua anggota tubuh itulah yang membuat para desman bisa berenang dengan baik di sungai.

Membuat Lubang

Meski suka menghabiskan waktu di dalam air, para desman tetap tinggal dan istirahat di dalam lubang tanah. Satu lubang biasanya diisi oleh 2 sampai 5 ekor desman. Lubang itu biasanya di buat dekat sungai yang aliran airnya tenang.

Baca Juga: Ternyata, Tikus Tidak Suka Keju

Keluarga Tikus Tanah

Desman rusia masih satu keluarga dengan tikus tanah. Jadi, Teman-teman jangan heran kalau tubuh hewan ini mirip dengan tikus tanah. Ukuran tubuh desaman rusia cukup panjang, sekitar 18 – 21 cm. Para Desman biasanya punya ekor yang cukup panjang, sekitar 17 – 20 cm. Kalau berat tubuhnya hanya 400 – 520 gram.

Buta

Desman rusia termasuk hewan yang hampir buta. Karena penglihatannya jelek, para desman mengandalkan organ sensitif yang ada di ujung moncongnya. Nah, moncong inilah yang membuat para desman tahu keadaan di sekitarnya.

O iya, desman, si buta dari rusia termasuk hewan yang dilindungi. Dalam waktu 30 tahun, jumlah mereka sudah berkurang setengahnya. Sayang sekali, ya!

Foto: Creative Commons