Tips Sehat Menggunakan Komputer

By willa widiana, Selasa, 28 November 2017 | 12:31 WIB
Tips Sehat Memakai Komputer (willa widiana)

Saat menggunakan komputer, kita suka lupa dengan keadaan mata kita. Akhirnya, mata jadi iritasi, karena paparan sinar dari layar komputer. Supaya hal itu tidah terjadi lagi, Bobo punya tips sehat memakai komputer, nih!

Batasi

Berkat komputer, banyak tugas sekolah yang bisa diselesaikan dengan cepat. Namun, kita harus berusaha untuk membatasi penggunaan komputer. Menurut dr. Hendrian D. Soebagjo, waktu maksimal untuk berhadapan dengan layar komputer adalah dua jam. Setelah itu, usahakan untuk berhenti. Bagaimana dengan orang yang harus bekerja seharian di depan komputer?

Istirahat

Bagi orang yang bekerja lebih dari dua jam di depan komputer, sebaiknya melakukan istirahat setiap dua jam. Istirahatnya dilakukan selama 15 menit. Selama istirahat ini, kita tidak boleh menonton TV atau main game.

Tutup Mata Sejenak

Jika kita sudah agak lama menatap layar komputer, mata mulai terasa perih dan kering. Teman-teman tidak perlu khawatir, rasa perih dan kering pada mata itu bisa dihilangkan dengan cara memejamkan mata selama lima detik.

Baca Juga: Komputer Termahal di Dunia

Atur Jarak

O iya, saat menggunakan komputer, jangan lupa untuk mengatur jarak, ya! Jarak antara mata dengan layar komputer yang di sarankan sekitar 60 cm. Selain jarak, kita juga harus memerhatikan pencahayaan pada layar komputer. Layar komputer yang terlalu cerah bisa membuat mata cepat lelah. Jadi, aturlah cahaya komputer sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa tips sehat menggunakan komputer.

Ilustrasi: Ode