Apakah Bearded Dragon itu Naga yang Berjanggut?

By Aan Madrus, Rabu, 29 November 2017 | 05:35 WIB
Bearded Dragon dan (Aan Madrus)

Bearded Dragon artinya naga berjanggut. Tapi ia bukan naga. Ia juga tidak berjanggut. Lalu apa? Ini faktanya!

Bearded dragon adalah kadal yang memiliki duri yang tersusun dalam barisan di lehernya. Saat sedang marah, curiga, menakut-nakuti musuh, atau sedang menarik perhatian lawan jenisnya, binatang itu akan menegakkan kepala lalu memekarkan duri di lehernya hingga tampak seperti janggut. Selain itu, bearden dragon akan mengawasi gerak-gerik lawannya dengan matanya yang tajam. Menarik sekali penampilan kadal ini, hingga banyak orang yang memeliharanya.

Bearded dragon secara ilmiah disebut Pogona vitticeps. Panjang tubuh kadal jantan bisa mencapai 60 cm. Sedangkan yang betina sekitar 50 cm. Keduanya memiliki barisan duri di leher, tetapi yang jantan lebih sering memekarkannya.

Bila dua kadal jantan saling berhadapan, kadal yang lebih kecil, lebih lemah, atau yang merasa terancam, akan mengangkat salah satu kaki depannya sebagai tanda bahwa ia tunduk. Sedangkan lawannya yang lebih kuat, dengan sombong akan memekarkan durinya dan mengangkat kepalanya ke atas ke bawah sebagai tanda bahwa ia lebih berkuasa. Kadang-kadang sambil membuka mulutnya lebar-lebar.

Makanananya sayuran, serangga, dan binatang kecil lainnya. Untuk menangkap mangsanya, bearden dragon memiliki kelenjar racun yang mengeluarkan racun ringan. Racun itu hanya mampu melemahkan hewan berukuran kecil, tetapi aman untuk manusia. 

Bearded Dragon berasal dari Australia bagian tengah. Mereka tinggal di hutan gersang, semak belukar, padang sabana, dan daerah pantai. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di semak-semak pepohonan, dan sering terlihat berjemur di atas batu.  Bila iklimnya terlalu panas mereka akan turun ke tanah.

Foto: Creative Commons