Beragam Cairan di Tubuh dan Tugasnya

By willa widiana, Rabu, 29 November 2017 | 06:05 WIB
Beragam Cairan di Tubuh dan Tugasnya (willa widiana)

Beberapa persen dari tubuh manusia itu terdiri dari cairan. Cairan di tubuh manusia itu beragam. Masing-masing cairan punya tugas yang berbeda-beda.

Darah

Cairan yang satu ini bertugas mengambil udara di paru-paru dan mengambil makanan dari usus. Setelah itu, darah akan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Jika darah terganggu, tubuh kita juga akan terganggu.

Air Liur

Air liur yang ada di mulut kita punya tugas yang cukup penting, yakni melarutkan makanan dan melumasi makanan. Tanpa air liur, makanan yang kita makan akan sulit untuk ditelan. Tanpa air liur, makanan yang kita makan mungkin akan tersangkut di kerongkongan.

Cairan Sendi

Di setiap sendi kita itu ada cairan, lo! Cairan sendi inilah yang membuat sendi kita bisa bergerak dengan bebas, tanpa khawatir bergesekan. Jika cairan sendi hilang, sendi akan bergesekan satu sama lain. Hal ini pasti sangat sakit rasanya.

Asam Lambung

Di dalam lambung kita juga ada cairan, namanya asam lambung. Cairan ini akan membunuh kuman dan bibit penyakit yang masuk ke dalam perut kita. Tanpa cairan ini, kuman dan bibit penyakit yang masuk melalui makanan akan berkeliaran dengan leluasa.

Baca Juga: Air Keran Siap Minum Juga Ada di Indonesia, Lo!

Air

Selain empat cairan di atas, di dalam tubuh kita juga ada air. Air itu akan digunakan untuk melenturkan otot tubuh, mengencangkan kulit, dan mengatur suhu tubuh. Air juga digunakan sebagai bantalan otak dan mata. Jadi, dua organ itu tidak akan mudah terbentur.

Itulah beragam cairan di tubuh dan tugasnya. Supaya keberadaan cairan itu tetap terjaga, jangan lupa minum air putih sesuai kebutuhan, ya!

Teks: Joko/Willa, Ilustrasi: Ode