Coba Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta, Yuk!

By Cirana Merisa, Rabu, 29 November 2017 | 08:15 WIB
Kecepatan kereta bandara ini sekitar 40 sampai 50 kilometer per jam. (Cirana Merisa)

Kalau ingin pergi ke Bandara Soekarno-Hatta, teman-teman biasanya naik apa? Kendaraan pribadi atau kendaraan umum? Nah, sekarang sudah ada kereta yang bisa mengantar kita ke bandara, lo.

Rute Kereta

Kereta bandara yang akan beroperasi mulai Desember 2017 nanti akan menaik-turunkan penumpang di 5 stasiun dengan rute Stasiun Manggarai – Stasiun Sudirman Baru – Stasiun Duri – Stasiun Batu Ceper – Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Bandara Kualanamu, Bandara yang Canggih

Namun pada awal operasional, kereta ini hanya mengangkut penumpang dari 2 stasiun saja, yaitu Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta karena 3 stasiun lainnya masih dalam tahap pembangunan.

Fasilitas Kereta

Kereta bandara terdiri dari 6 gerbong dan memiliki total 272 kursi yang empuk dan nyaman. Jarak antara tempat duduk juga cukup luas sehingga kita bisa menjulurkan dan mengistirahatkan kaki. Di antara kursi juga terdapat tempat pengisian baterai ponsel, lo. Jadi, penumpang tak perlu khawatir jika baterai ponselnya habis.

Baca juga: Sejarah Kereta Listrik Jabodetabek

Di atas tempat duduk juga terdapat overhead compartment untuk meletakkan tas yang cukup besar. Kalau membawa koper besar, teman-teman bisa meletakkannya di tempat koper yang sudah disediakan di setiap gerbong.

Kereta ini juga ramah bagi penyandang disabilitas, lo. Kursi untuk penyandang disabilitas tersedia di gerbong pertama dan terakhir. Selain itu, di gerbong pertama dan terakhir itu juga terdapat toilet yang fasilitasnya lengkap seperti toilet di pesawat.

Kecepatan dan Harga Kereta

Kalau naik dari Stasiun Manggarai nantinya, hanya dengan waktu 55 menit saja, teman-teman sudah bisa sampai di bandara. Kecepatan keretanya sekitar 40 sampai 50 kilometer per jam. Wah, cepat juga, ya!

Baca juga: Kereta Api Luar Biasa Presiden Pertama

Rencananya, penumpang yang ingin naik kereta ini harus membayar 100.000 rupiah. Tapi khusus di bulan Desember ini, cukup mengeluarkan uang 30.000 rupiah saja dan penumpang langsung diantarkan dari stasiun awal sampai ke bandara. Kereta ini akan berangkat setiap 30 menit sekali dengan waktu yang sudah terjadwal.

Wah, siapa yang sudah tak sabar ingin mencoba menaikki kereta bandara ini? Hi..hi..hi..