Venus, Saudara Kembar Bumi yang Jahat

By Iveta Rahmalia, Rabu, 29 November 2017 | 08:45 WIB
Meski ukurannya sama, suhu di Venus enam kali lebih panas daripada tempat terpanas di Bumi sekalipun. (Iveta Rahmalia)

Bobo.id - Venus sering dijuluki sebagai saudara kembar Bumi karena ukurannya hampir sama. Namun, Venus dianggap saudara kembar Bumi yang jahat. Apa sebabnya, ya?

Seperti Bumi

Planet kedua dari Matahari ini ukurannya sama dengan Bumi. Kerapatannya pun mirip. Dengan begitu, gravitasi di Venus juga mirip dengan Bumi.

Venus juga punya awan dan angin, lo. Bedanya, awan di venus terbuat dari asam sulfat dan anginnya bisa berhembus melebihi tornado. Wow!

Baca juga: Venus, Planet Tetangga Terdekat Bumi

Jahat

Meski ukurannya sama, suhu di Venus enam kali lebih panas daripada tempat terpanas di Bumi sekalipun. Venus pun menjadi planet paling panas di Tata Surya. Begitu panasnya, timah pun akan mencair di sana.

Baca juga: Fakta-fakta Venus

Baik siang maupun malam, Venus tetap diselimuti gelombang panas. Panas ini disebabkan oleh atmosfer Venus yang mengandung karbon dioksida yang tebal. Bayangkan, kapal selam pun akan remuk jika masuk ke dalam atmosfernya.

Karena suhu yang amat panas itu, Venus pun dijuluki sebagai saudara kembar Bumi yang jahat. Tidak akan ada makhluk hidup yang bisa tinggal di sana.