Serangga, Kelompok Hewan Terbanyak di Dunia

By Sylvana Toemon, Minggu, 3 Desember 2017 | 03:10 WIB
Serangga, kelompok hewan terbanyak di dunia (Sylvana Toemon)

Serangga adalah kelompok hewan terbanyak di dunia. Makhluk hidup ini ada di seluruh dunia. Apakah di rumahmu juga ada serangga?

Baca juga: Makanan Kita Mengandung Serangga

Kebanyakan Berukuran Kecil

Serangga kebanyakan berukuran kecil, sehingga tidak terlalu terlihat. Padahal serangga ada di mana-mana, lo. Apabila kita perhatikan, serangga ada di rumah tinggal, sekolah, jalan, taman, sawah, sampai di pusat perbelanjaan. Serangga ada di gurun yang panas sampai kutub yang dingin. Spesies serangga itu sangat banyak. Jumlahnya lebih dari 5 kali lipat jumlah spesies fauna lainnya. Satu spesies pun jumlahnya banyak sekali. Lihat saja semut dan lebah. Dalam 1 sarang, ada ribuan jumlahnya.

Baca juga: Cerpen Mencari Serangga

Penting Bagi Kehidupan di Bumi

Serangga sangat penting bagi kehidupan di Bumi. Serangga juga penting bagi manusia. Salah satu fungsi paling pentingnya adalah menyerbukkan tanaman. Selain itu, serangga juga menimbulkan kerugian. Serangga memakan tanaman dan dapat menularkan penyakit. Serangga menjadi makanan bagi beberapa fauna lain. Keberadaan serangga sangat penting untuk keseimbangan alam. Apabila ada serangga yang punah, atau jumlahnya sangat banyak, maka keseimbangan alam akan terganggu.

Baca juga: Jika Serangga Tidak Ada di Bumi

Dua Bagian Besar

Serangga terbagi menjadi 2 bagian besar, yaitu serangga tanpa sayap dan serangga bersayap. Serangga bersayap jumlahnya lebih banyak. Semua serangga bersayap mengalami metamorfosis dalam hidupnya. Artinya, mereka berubah bentuk untuk menjadi dewasa. Telur mereka menetas menjadi larva yang kemudian berubah menjadi bentuk dewasanya. Saat ini ada jutaan speseis serangga di Bumi. Spesies itu jumlahnya terus bertambah karena ada beberapa spesies yang baru ditemukan.