Kadal Spiderman dari Afrika

By willa widiana, Rabu, 29 November 2017 | 09:35 WIB
Kadal Spiderman (willa widiana)

Spiderman identik dengan kostum merah dan biru. Kadal ini punya kulit berwarna merah dan biru, mirip seperti spiderman. Karena kemiripan itu, kadal inipun dinamai kadal spiderman dari Afrika.

Kadal Kepala Datar

Nama asli dari kadal spiderman ini adalah kadal kepala datar mwanza agama (Mwanza Flat-headed Rock Agama). Kadal ini bisa ditemukan di beberapa daerah, seperti Tanzania, Rwanda, dan Kenya. Di tiga daerah itu, kadal ini dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

Berjalan di Tembok

Selain punya warna yang sama dengan spiderman, kadal ini juga bisa berjalan di tembok. Bedanya, spiderman bisa mengelurkan jaring, sedangkan kadal ini tidak. O iya, warna tubuhnya yang mirip spiderman bisa berubah saat malam hari, saat bertarung, atau saat ketakutan.

Kadal Jantan

Kadal yang punya tubuh mirip spiderman ini hanya kadal jantan. Kalau kadal betina, warna tubuhnya cokelat. Kadal betina juga tidak bisa berubah warna seperti kadal jantan.

Baca Juga: 6 Kadal Paling Berbahaya

Berkelompok

Kadal spiderman suka hidup berkelompok. Mereka biasanya tinggal di daerah bebatuan. Kadal spiderman suka berjemur di sela batu sambil berburu belalang, jangkrik, dan serangga lain. Jika tidak ada serangga, mereka akan makan daun, buah, dan telur kadal lain yang lebih kecil.

Kadal spiderman dari Afrika ini bisa hidup hingga 15 tahun, jika tempat tinggalnya mendukung.

Teks: Vero/Willa, Foto: Creative Commons