Benalu, Tumbuhan Parasit

By Sylvana Toemon, Jumat, 1 Desember 2017 | 04:30 WIB
Benalu, tumbuhan parasit (Sylvana Toemon)

Benalu adalah tumbuhan yang mengambil makanannya dari tumbuhan lain. Apakah benalu selalu merugikan?

Peran Burung Pada Penyebaran Benalu

Burung sangat berperan pada penyebaran benalu. Burung-burung memakan buah dan mengeluarkan kotoran yang mengandung biji, kemudian jatuh di batang pohon. Biji ini  berkecambah dan tumbuh menjadi benalu. Akarnya tumbuh berkembang di dalam tumbuhan inangnya. Akar-akar inilah yang mengambil unsur hara supaya benalu dapat hidup. Benalu terdiri dari beberapa suku tumbuhan. Tumbuhan benalu memiliki daun hijau yang mengandung klorofil. Sehingga benalu dapat mengolah makanan dengan berfotosintesis. Ada 2 kelompok besar benalu, yaitu dari keluarga Loranthaceae dan Viscaceae.

Baca juga: Perbedaan Bunga Bangkai dan Rafflesia

Hama di Perkebunan

Benalu tentu saja merugikan tumbuhan inangnya. Benalu yang umumnya berada di bagian atas itu dapat tumbuh lebat sampai menutupi inangnya. Tumbuhan inang yang tidak terkena sinar matahari akan kesulitan mengolah makanannya. Akibatnya, banyak tumbuhan inang yang mati. Benalu di perkebunan dapat dianggap sebagai hama yang mengganggu. Pohon buah yang ditumbuhi benalu akan susah menghasilkan buah yang baik.

Kerajinan Tangan dan Obat

Benalu juga memiliki manfaat, lo. Benalu dapat dijadikan kerajinan tangan yang unik, yaitu bagian haustoriumnya. Haustorium adalah bagian benalu yang menempel pada inangnya. Bagian ini biasanya membengkak dan berbentuk unik. Di beberapa daerah, benalu dipercaya memiliki khasiat obat. Di Kalimantan, benalu dipercaya dapat mengobati sakit kepala. Pengetahuan ini diwariskan secara turun-temurun. Ada juga yang mengatakan benalu teh dapat mengobati kanker. Belum ada penelitian ilmiah tentang khasiat benalu. Apakah kamu ingin menjadi peneliti benalu?