Fakta Seru dalam Susu

By willa widiana, Rabu, 29 November 2017 | 11:15 WIB
Fakta Seru Dalam Susu (willa widiana)

Susu tak hanya menyimpan rasa manis dan gurih, lo! Susu juga menyimpan fakta seru. Kira-kira... fakta seru apa saja yang disimpan oleh susu? Kita cari tahu saja, yuk!

10.000 tahun lalu

Kebiasaan minum susu sudah dilakukan oleh manusia sejak 10.000 tahun lalu, lo! Kebiasaan minum susu berkembang di negara Afghanistan. Setelah itu, menyebar ke Iran, Turki, Afrika, dan ke seluruh dunia. Gambar proses pemerahan susu sapi juga ditemukan pada pahatan batu milik orang Mesir kuno. Pahatan itu diperkirakan sudah ada sejak tahun 3.100 sebelum masehi.

Tak Hanya Sapi

Kebanyakan orang di dunia memang minum susu sapi. Susu yang ada di warung atau supermarket juga kebanyakan susu sapi. Padahal, susu kambing, kerbau, kedelai, unta, dan domba juga bisa kita minum. O iya, orang vegetarian biasanya minum susu yang terbuat dari kacang, beras, dan kelapa.

Mandi Susu

Mungkin Teman-teman pernah mendengar seseorang menyebutkan mandi susu. Ternyata... ratu-ratu di zaman dulu suka mandi susu, lo! Ratu Cleopatra dari Mesir adalah salah satu ratu zaman dulu yang selalu mandi susu. Supaya bisa mandi susu setiap hari, Ratu Cleopatra memelihara 700 ekor keledai. Banyak sekali, ya!

Diolah

Susu sapi bisa diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Contohnya, es krim, keju, yoghurt, mentega, dan masih banyak lagi. Sayang, beberapa orang punya alergi terhadap susu sapi. Jadi, mereka tidak bisa menikmati susu sapi dan olahan-olahannya. Orang yang alergi susu sapi biasanya hanya minum susu yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan.

Baca Juga: Sebaiknya Minum Susu di Pagi atau Malam Hari?

Sapi Perah

Sapi perah dipelihara untuk diambil susunya. Berbeda dengan sapi pedaging, mereka dipelihara untuk diambil dagingnya. O iya, sapi perah bisa menghasilkan 20 liter susu salam sehari. Supaya jumlah susu yang dihasilkan banyak, sapi perah tidak boleh stres. Menurut penelitian, ada musik tertentu yang bisa membuat sapi perah nyaman, jadi susu yang dihasilkan banyak.

Nah, Teman-teman, itulah fakta seru yang ada di dalam susu. Unik-unik, ya!

Teks: Vero/Willa, Ilustrasi: Ode