Apa Perbedaan Lingkaran, Bulat, dan Bundar?

By Yomi Hanna, Kamis, 30 November 2017 | 08:15 WIB
Apa perbedaan lingkaran, bulat, dan bundar? (Hanna Vivaldi)

Banyak yang mengira bahwa lingkaran, bulat, dan bundar adalah sama. Apakah teman-teman juga berpikir demikian? Nah, ternyata ketiganya memiliki perbedaan, lo! Yuk, kita baca penjelasannya di bawah ini!

Lingkaran

Pada umumnya, kita tahu bahwa lingkaran adalah gambar dua dimensi. Ini artinya lingkaran itu merupakan satu garis utuh yang dihubungkan dari satu titik untuk bertemu ke titik awal secara melingkar. Selain itu, lingkaran juga tidak mempunyai isi atau volume.

Baca juga : Apa Perbedaan Manga, Anime, dan Kartun?

Bulat

Jika lingkaran adalah gambar 2 dimensi, maka bulat adalah tiga dimensi. Bulat itu memiliki dimensi, ada isi, massa, atau volume di setiap sisinya. Contohnya adalah segala jenis yang membentuk bola. Bumi yang kita tempati juga disebut bulat, bukan lingkaran.

Bundar

Bundar serng tertukar dengan bulat. Karena banyak yang menganggap bahwa bulat dan bundar adalah sama. Namun kenyataannya, meski sama-sama memiliki volume dan massa, mereka memiliki perbedaan yang paling mendasar.

Baca juga : Apa Perbedaan Tawon dan Lebah?

Bulat membentuk tiga dimensi, sementara bundar mebentuk benda cakram yang pipih. Contohnya bisa kita lihat pada uang logam, koin, atau pun meja. Itu sebabnya dinamakan Konferensi Meja Bundar, bukannya Konferensi Meja Bulat.

Nah, sekarang teman-teman sudah tahu, kan, perbedaan lingkaran, bulat, dan bundar? Jangan sampai salah lagi dalam menyebutkan ketiganya, ya!