Serba-serbi Larutan Jeruk Nipis Kecap Manis

By Putri Puspita, Jumat, 1 Desember 2017 | 08:04 WIB
Jeruk Nipis (Putri Puspita)

Larutan jeruk nipis dicampur kecap manis seringkali digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan batuk. Larutan ini dipercaya ampuh sejak dahulu kala dan menjadi resep turun temurun. Apakah benar bisa menyembuhkan batuk?

Kandungan Jeruk Nipis

Apabila dilihat dari kandungan di dalam jeruk nipis, buah ini memang mengandung minyak atsiri yang bisa melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan. Selain itu, jeruk nipis memang mampu mengatasi suara serak, obat penurun panas, dan meredakan tenggorokan gatal.

Jeruk Nipis Kecap Manis

Bagaimana dengan ramuan jeruk nipis yang dicampur kecap manis?

Menurut pakar farmasi, yaitu Bapak Profesor Dr. Sumali Wiryowidagdo, M.Si, Apt. mengatakan bahwa larutan jeruk nipis dan kecap manis dapat meredakan gejala yang menyertai batuk, seperti tenggorokan gatal dan suara serak, tapi tidak bisa menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Bapak professor juga menjelaskan bahwa jeruk nipis sendiri memang punya kandungan yang baik untuk pernapasan, sedangkan kecap manis yang ditambahkan pada air jeruk nipis hanya berfungsi agar larutan itu tidak terlalu asam. Kalau dihubungkan dengan batuk, kecap sendiri tidak memiliki hubungan.

Hmm… Jadi begitu teman-teman, ramuan tradisional ini bisa membantu meredakan gejala yang menyertai batuk, tapi untuk batuk sendiri kita harus mengetahu penyebabnya agar tahu obat yang tepat. Nah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, ya!

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID