Dua Warna yang Tidak Boleh Digunakan di Rumah Sakit

By willa widiana, Kamis, 30 November 2017 | 09:45 WIB
Dua Warna yang Tidak Boleh Digunakan di Rumah Sakit (willa widiana)

Apa warna kesukaan Teman-teman? Merah atau hitam? Ternyata, dua warna itu tidak boleh digunakan di rumah sakit, lo! Kenapa, ya?

Tidak Boleh Sembarangan

Dinding kamar kita pasti akan dicat dengan warna kesukaan kita. Kalau dinding kamar rumah sakit berbeda, dindingnya tidak boleh dicat dengan sembarang warna. Sebelum mulai mengecat dinding kamar rumah sakit, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari kebaikan pasien, dokter, dan pekerja rumah sakit.

Dari sekian banyak warna, ada dua warna yang tidak boleh digunakan di rumah sakit. Kedua warna itu adalah:

Merah

Warna merah tidak boleh digunakan untuk cat rumah sakit karena identik dengan darah. Warna yang mirip darah bisa memberikan perasaan trauma kepada pasien. Itulah alasan kenapa warna merah tidak boleh digunakan di rumah sakit, terutama area klinikal.

Hitam

Warna hitam itu menyimbolkan kematian. Nah, kematian merupakan hal negatif dalam kegiatan di rumah sakit. Karena alasan itu, warna hitam tidak boleh digunakan di rumah sakit. Bahkan, seragam dan sprei yang digunakan pun tak ada yang berwarna hitam.

Baca Juga: Selain Dokter, Inilah 5 Profesi Lain yang Bekerja di Rumah Sakit

Warna apa yang bisa digunakan?

Warna yang cocok untuk digunakan rumah sakit adalah warna-warna lembut, seperti pastel. Warna lembut seperti pastel bisa memberikan kenyamanan bagi pasien rumah sakit. Selain warna pastel, banyak juga rumah sakit yang menggunakan warna putih.

Itulah beberapa warna cat yang tidak boleh digunakan di rumah sakit.

Sumber: Kompas.com/Dimas Jarot Bayu, Ilustrasi: Ode