Robot Lembut dan Kuat Ini Terinspirasi dari Origami

By Yomi Hanna, Minggu, 3 Desember 2017 | 06:03 WIB
Foto: MIT/Shuguang Li (Hanna Vivaldi)

Apakah teman-teman tahu origami? Dalam bahasa Jepang, ori artinya ‘lipat’ dan gami artinya ‘kertas’. Oleh karena itu origami adalah sebuha seni melipat kertas yang berasal dari Jepang.

Terinspirasi dari Origami, Jadilah Robot

Biasanya bahan yang dipakai untuk origami adalah kertas atau lain yang bentuknya persegi. Adanya origami ini ternyata mampu menginspirasi para ilmuwan untuk menciptakan robot, lo. Robot seperti apa, ya?

Baca juga : Robot-robot Penari Karya Anak Bangsa

Lembut tapi Kuat

Baru-baru ini ilmuwan yang berasal dari MITCSAIL dan Harvads Wyss Institute memperkenalkan sebuah robot yang lembut. Meskipun lembut, robot ini ternyata memiliki kekuatan luar biasa yang dibantu oleh kerangka origami yang kaku. Ia mampu mengangkat benda yang beratnya 1.000 kali lipat dari berat robot itu sendiri. Wow!

Baca juga : Octobot, Robot Bertubuh Lunak

Dimanfaatkan untuk Mengangkat Benda Berat

Robot ini memiliki banyak potensi, aman, dan juga sangat lembut. Saat ini para ilmuwan sedang mengembangkan lagi penggunaan robot lunak nan lembut ini di berbagai bidang. Tentunya robot ini nantinya dapat digunakan dalam gudang yang membutuhkan alat pengangkat beban atau benda berat dalam waktu yang cepat.