Menengok Fosil Penyu dan Terumbu Karang di Gua Batu Cermin

By Cirana Merisa, Sabtu, 2 Desember 2017 | 07:05 WIB
Di dalam goa ditemukan fosil penyu, tepatnya di bagian langit-langit goa. (Cirana Merisa)

Siapa yang sudah pernah ke Labuan Bajo? Teman-teman yang sudah pernah ke sana, sempat mampir ke Gua Baru Cermin tidak? Di goa itu terdapat fosil hewan laut, lo

Dulunya Lautan

Pada zaman dahulu, Gua Batu Cermin yang berada di Desa Wae Sambi, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur ini diperkirakan merupakan dasar laut. Namun entah bagaimana caranya, air laut itu surut dan akhirnya membentuk sebuah gua. Itulah kenapa di dinding gua ditemukan fosil penyu, ikan, dan berbagai macam terumbu karang.

Baca juga: Di Mana Fosil Pertama Kali Ditemukan?

Gua yang Gelap

Gua ini tingginya lebih dari 70 meter. Kalau kita ingin masuk ke goa itu, kita bisa menaikki tangga beton yang memang sudah dibuat khusus. Gua itu hampir tidak ada cahaya sehingga kita harus menggunakan senter. Di dalam gua terdapat banyak stalagtit yang menggantung di atas dan stalagmit yang timbul dari dasar gua.

Fosil Biota Laut

Di dalam gua ditemukan fosil penyu, tepatnya di bagian langit-langit gua. Diameternya lebih dari 30 sentimeter dengan pola batok rumahnya yang masih terlihat. Kepala dan kakinya juga masih berbentuk jelas.

Baca juga: Fosil Sapi Laut Raksasa Tak Sengaja Ditemukan di Rusia

Di dalam gua ini juga terdapat fosil terumbu karang dengan berbagai macam bentuk. Ada yang berbentuk kelopak daun, bunga, dan lain-lain. Sedangkan fosil ikan lebih banyak ditemukan di bagian luar dinding gua. Bentuk sirip dan ekor ikan masih jelas terlihat.