Bahasa Latin yang Hilang

By Cirana Merisa, Minggu, 3 Desember 2017 | 06:25 WIB
Banyak bahasa yang sebenarnya dipengaruhi oleh bahasa Latin. (Cirana Merisa)

Bahasa Latin merupakan ibu dari banyak bahasa. Namun sekarang bahasa ini tidak digunakan dalam komunikasi sehari-hari, lo. Kira-kira kenapa, ya?

Bahasa-bahasa Lain

Tidak ada orang yang berbicara dalam bahasa Latin. Sebenarnya bisa dikatakan bahasa Latin itu punah. Namun justru banyak orang yang tidak setuju kalau bahasa Latin dikatakan punah. Kenapa? Karena banyak bahasa yang sebenarnya dipengaruhi oleh bahasa Latin.

Baca juga: Apakah Bahasa Indonesia = Bahasa Melayu?

Bahasa Resmi

Saat Gereja mulai meluas ke daerah Roma kuno, saat itu juga bahasa Latin mulai menjadi bahasa resmi dari Kekaisaran Romawi. Latin tak hanya menjadi bahasa komunikasi sehari-hari, tapi juga menjadi bahasa pendidikan dan ilmu pengetahuan internasional.

Seperti bahasa Inggris sekarang, pada saat itu orang yang ingin sukses harus belajar bahasa Latin. Hal ini karena Roma merupakan daerah yang memiliki pengaruh paling kuat pada saat itu. Maka itu, bahasa ini menyebar dengan cepat dan menjadi bahasa utama.

Baca juga: Asal-usul Bahasa Daerah

Bahasa Latin Hilang

Saat Kekaisaran Romawi runtuh, bahasa Latin juga perlahan menjadi tidak digunakan lagi dalam percakapan sehar-hari. Di banyak daerah, bahasa Latin perlahan berkembang menjadi bahasa yang berbeda-beda. Mereka ini menggabungkan tata bahasa Latin dengan bahasa daerahnya masing-masing. Nah, dari situlah lahir bahasa Prancis, Spanyol, Italia, Portugis, Rumania, dan bahasa-bahasa lainnya.