Penemuan Jalur Terpanjang Jejak Kaki Dinosaurus di Perancis

By Cirana Merisa, Minggu, 3 Desember 2017 | 05:32 WIB
Jejak kaki ini berjumlah 110 langkah dan berada di jalur sepanjang 155 meter. (Cirana Merisa)

Baru-baru ini ditemukan jejak kaki dinosaurus besar yang membentang 155 meter di sebuah pegunungan di Prancis. Ini merupakan kumpulan jejak kaki dinosaurus terpanjang di dunia.

Dinosaurus Sauropoda

Jejak ini milik Sauropoda, dinosaurus pemakan tumbuhan. Dinosaurus berleher panjang ini hidup sekitar 150 juta tahun yang lalu pada masa terakhir dari Zaman Jura Akhir.

Baca juga: Penemuan Jejak Kaki Dinosaurus Karnivora Terbesar di Afrika Selatan

Sauropoda yang hidup di wilayah Plagne, Perancis pada saat itu diperkirakan memiliki tubuh sepanjang 35 meter dengan berat sekitar 35 sampai 40 ton. Dinosaurus ini berjalan dengan kecepatan 4 kilometer per jam dengan jarak setiap langkahnya sekitar 2,8 meter.

Jalur Jejak Kaki Terpanjang

Jejak kaki Sauropoda ini ditemukan di Pegunungan Jura, Prancis. Jejak kaki ini berjumlah 110 langkah dan membentang di jalur sepanjang 155 meter. Setiap jejak kaki berdiameter sekitar 94 sampai 103 sentimeter dengan panjang totalnya mencapai 3 meter. Jejak kaki ini berbentuk 5 jari eliptikal yang mengelilingi telapak kaki. Ini merupakan jalur jejak kaki dinousaurus terpanjang dalam sejarah.

Baca juga: Inilah Dinosaurus yang Unik, Mulai dari Terberat Sampai Terpintar

Situs Jejak Dinosaurus

Jejak kaki ini ditemukan oleh suatu kelompok geolog amatir yang bernama Societe des Naturalistes d’Oyonnax. Sejak tahun 2009 lalu, mereka sudah fokus mempelajari dan meneliti fosil dinosaurus yang hidup di Era Jura. Situs jejak kaki ini dianggap sebagai salah satu megasitus jejak dinosaurus terbesar di Eropa.