Tips Menyimpan Sikat Gigi Agar Tetap Bersih

By willa widiana, Sabtu, 2 Desember 2017 | 09:02 WIB
Jaga Kebersihan Sikat Gigi, Yuk! (willa widiana)

Sikat gigi adalat alat untuk membersihkan gigi, lidah, dan dinding mulut. Jadi, selalu jaga kebersihan sikat gigimu, ya! Ada tiga hal yang bisa Teman-teman lakukan untuk menjaga sikat gigi selalu bersih.

1. Simpan sikat gigi di tempat yang jauh dari kloset. Menurut ahli mikrobiologi bernama Charles Gerba, saat kita menekan tombol flush pada kloset, uap airnya akan menyebar ke berbagai permukaan yang ada di toilet. Jika kita menaruh sikat gigi di dekat kloset, kemungkinan uap tersebut akan menempel di sikat gigi.

2. Jangan menyimpan sikat gigi secara berdekatan. Menurut Dr. Tom Glass, seorang pakar patologi mulut, sikat gigi adalah tempat yang ideal untuk menyebarkan kuman dan bakteri karena sikat gigi mengandung air dan makanan kuman. Selain itu, sikat gigi juga alat bagi kuman dan bakteri untuk masuk ke tubuh kita. 

O iya, dalam satu sikat gigi bisa terdapat 10 juta mikroba. Mikroba itu bisa bertahan hingga satu hari di dalam sikat gigi. Supaya mikroba itu tidak menyebar kemana-mana, jangan simpan sikat gigi secara berdekatan, ya!

Baca Juga: Gosok Gigi, Cara Ampuh Usir Bakteri di Mulut

3.Selalu bersihkan sikat gigi setelah digunakan. Agar bakterinya bisa berkurang, kita bisa merendamnya dalam cairan obat kumur antibakteri. Satu lagi, jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan.

Nah, itulah tiga hal yang bisa Teman-teman lakukan untuk menjaga sikat gigi selalu bersih.

Foto: pexels.com