5 Fakta Menarik di Balik Belangnya Harimau

By Aan Madrus, Minggu, 3 Desember 2017 | 08:05 WIB
Kiri: Harimau Siberia. Kanan: Harimau Sumatera (Aan Madrus)

Belang  merupakan ciri khas harimau. Sampai-sampai ada pepatah mengatakan  Harimau Mati Meninggalkan Belang. Ternyata di balik belang itu ada 5 fakta yang tersimpan. Ini dia!

1. Bulu harimau berwarna cokelat keemasan  dengan belang-belang berwarna hitam. Di bagian muka dan perut ada sebagian bulu berwarna putih.

2. Tiap harimau memiliki motif belang sendiri-sendiri. Sama seperti sidik jari manusia, tak ada dua harimau memiliki motif belang sama persis .

3. Warna bulu harimau sama dengan warna kulit  tempat bulu itu tumbuh. Bulu berwarna kuning keemasan keluar dari kulit berwarna kuning keemasan. Bulu berwarna hitam keluar dari kulit berwarna hitam. Bulu berwarna putih keluar dari kulit berwarna putih. Masing-masing kulit memiliki zat kimia yang memberi warna pada kulit dan bulu. Nama zat kimia itu adalah melanin.

4. Warna bulu harimau yang belang itu berguna untuk menyamarkan tubuhnya di semak-semak saat mengintai mangsa dan untuk mengelabui musuh.

5. Sedikit banyak belang pada harimau tergantung pada daerah tempat tinggalnya. Harimau Sumatera mempunyai belang hitam cukup rapat karena tinggal di hutan yang lebat. Sementara harimau Siberia mempunyai belang lebih jarang dibandingkan harimau sumatera karena tinggal di hutan cemara yang terang dan bersalju.

Foto: Creative Commons