Keindahan Athena yang Masih Tersisa

By willa widiana, Sabtu, 2 Desember 2017 | 08:45 WIB
Acropolis merupakan kompleks bangunan yang terletak di bukit batuan. (willa widiana)

Athena merupakan kota besar yang sangat indah pada masa Yunani kuno. Ia terkenal sebagai pusat seni dan kebudayaan. Jejak – jejak peninggalannya sebagian masih ada sampai hari ini, lo! Yuk, kita lihat keindahan Athena yang masih tersisa hingga saat ini.

Acropolis

Acropolis berarti batu keramat atau kota tinggi. Acropolis merupakan kompleks bangunan yang terletak di bukit batuan. Sebenarnya, ada banyak acropolis di Yunani. Namun, acropolis di Athena lah yang paling terkenal. Lokasinya juga di tengah kota. Acropolis dianggap penting, karena di dalamnya ada kuil yang sering digunakan untuk perayaan keagamaan.

Dionysos

Dionysos menjadi salah satu bukti bahwa Athena adalah kota seni. Dionysos merupakan arena teater terbuka yang paling besar di Athena. Panggung ini biasanya digunakan untuk pementasan teater. Bentuknya setengah lingkaran dan melingkar menyerupai mangkuk. Teater ini bisa menampung 17.000 penonton, lo!

Bobo hanya membayangkan, seberapa keras suara aktor teater Yunani pada saat itu. Soalnya, kan, saat itu belum ada mikrofon atau pengeras suara, seperti sekarang. O iya, Dionysos dibangun pada abad ke-5 sebelum masehi. Lokasinya berada di bawah Acropolis.

Baca Juga: 5 Makhluk Mitologi Yunani yang Aneh 

Parthenon

Parthenon merupakan bangunan peninggalan orang Yunani kuno yang paling terkenal. Parthenon adalah kuil yang menjadi tempat tinggal Dewi Athena. Jadi, Parthenon adalah kuil terpenting. Parthenon dibangun pada tahun 447 – 438 sebelum masehi, lokasinya ada di atas Acropolis. Bangunan yang punya panjang 70 meter dan lebar 30 meter ini dibuat dari batu. Dulu, bangunan ini dihiasi patung-patung indah. Sayang, saat ini, hanya tiang-tiangnya saja yang bertahan.

Nah, Teman-teman, itulah keindahan Athena yang masih tersisa. Kira-kira... mana yang menurutmu paling indah?

Teks: Joko, Foto: Creative Commons