Langit Terbelah dan Gempa Bumi

By willa widiana, Minggu, 3 Desember 2017 | 10:05 WIB
Fenomena Langit Terbelah (willa widiana)

Beberapa di antara Teman-teman mungkin pernah mendengar, bahwa langit terbelah dan gempa bumi itu ada hubungannya. Saat langit terbelah, gempa akan muncul dalam waktu dekat. Kira-kira... hal itu benar atau tidak, ya?

Beda Penyebab

Gempa bumi disebabkan oleh pergerakan lempeng yang ada di dalam Bumi. Kalau langit terbelah (crepuscular rays) biasanya disebabkan oleh sinar Matahari yang terhalang kumpulan awan. Awan yang mengahalngi sinar Matahari ini biasanya awal cumulonimbus. Awan ini tinggi, padat, dan besar. Jadi, tak heran kalau awan ini bisa menghalangi sinar Matahari dan menyebabkan peristiwa langit terbelah.

Baca Juga: Dari Mana Asal Warna Biru pada Langit??

Menyebar

Saat terhalang awan, sinar Matahari akan menyebar dan membentuk garis-garis. Garis-garis cahaya inilah yang membuat langit seperti terbelah. Fenomena langit terbelah biasanya terjadi saat Matahari terbit dan terbenam. Jika Teman-teman penasaran, coba awasi langit saat terbit dan terbenam. Siapa tahu saja Teman-teman menemukan kejadian ini.

Nah, sekarang Teman-teman sudah tahu, kan, kalau peristiwa langit terbelah itu tidak ada hubungannya dengan gempa bumi. Dua kejadian itu disebabkan oleh dua hal yang berbeda.

Teks: Rna, Foto: Creative Commons