Para Dewa dan Dewi Viking

By willa widiana, Minggu, 3 Desember 2017 | 10:35 WIB
Dewa Dewi Viking (willa widiana)

Menurut Bangsa Viking, di atas langit ada tempat bernama Asgard. Di tempat inilah para dewa dan dewi Viking tinggal. 

Heimdallr

Asgard dan dunia manusia, Midgard, dihubungkan dengan Bifrost (jembatan pelangi). Bisfrost dijaga oleh Heimdallr. Dewa ini punya penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam. Ia bisa melihat hingga ratusan kilometer dan mendengar suara yang tak terdengar telinga manusia. Heimdallr selalu mengawasi Bifrost, jika ada musuh datang, ia akan meniup terompetnya (Gjallarhorn).

Freyr

Freyr adalah saudara laki-laki dari Dewi Freyja. Ia adalah Dewa Kemakmuran dan Perdamaian yang dihormati. Ketika Bangsa Viking merayakan panen atau pesta, seperti pernikahan, mereka akan menyembeli hewan untuk dipersembahkan kepada Freyr. Hewan persembahan itu biasanya berupa babi hutan. Kenapa babi? Karena Freyr selalu didampingi babi emas bernama Gullinbursti.

Thor

Thor adalah Dewa Bangsa Viking yang cukup terkenal. Thor adalah Dewa Petir yang pemberani. Ia selalu melindungi dewa dewi yang lain dan Asgard. Thor adalah satu-satunya dewa yang bisa mengalahkan raksasa. O iya, Thor punya senjata yang cukup unik, yakni sebuah palu. Palu yang bisa digunakan untuk melawan musuh ini bernama Mjolnir.

Odin

Odin adalah dewa tertinggi di Asgard. Dewa Perang, Dewa Keadilan, dan Dewa Puisi ini hanya punya satu mata. Meski dijuluki Dewa Perang, Odin bukanlah pejuang sejati seperti Thor. O iya, Odin suka berkelana sambil menyamar dengan jubah dan tudung kepala.

Frig

Dewi Frig adalah istri dari Dewa Odin. Dewi Frig adalah dewi tertinggi di Asgard. Dewi Frig punya anak bernama Dewa Baldur. Dewi Frig bisa mengetahui dan mengubah nasib semua makhluk hidup. Namun, ia tidak bisa mengubah nasib Dewa Baldur, anaknya.

Baca Juga: Dewa Petir di Berbagai Mitologi

Baldur

Dewa Baldur punya wajah tampan, selalu ceria, dan ramah. Ia sangat disukai oleh dewa dewi di Asgard. Sayang, suatu hari ia bermimpi tentang kematiannya. Ibunya dan dewa dewi yang lain berusaha melindunginya. Namun, ia tetap tewas karena ulah Loki.

Loki

Loki sebenarnya sangat cerdik. Kecerdikannya membuat dewa dewi yang ada di Asgard meminta bantuannya. Namun sayang, kecerdikan itu selalu digunakan oleh Loki untuk berbuat licik. Bahkan, Loki tidak segan untuk berbuat jahat dan mencelakai dewa dewi lain.

Freyja

Dewi Freyja adalah salah satu dewi tercantik yang ada di Bangsa Viking. Dewi Freyja punya kemampuan sihir yang disebut seidr. Konon, Dewi Freyja lah yang mengajarkan sihir kepada para dewa dan juga pada manusia.

Kotak Fakta:

Legenda dewa – dewi Bangsa Viking ini disebut sebagai mitologi Nordik. Mitologi Nordik adalah kepercayaan Bangsa Viking dan masyarakat Eropa Utara pada zaman dulu.

Dalam mitologi Nordik, kehidupan dewa – dewi Bangsa Viking akan usai pada hai akhir yang di sebut Ragnarok. Ketika Ragnarok terjadi, musnahlah Asgard dan dewa-dewi lainnya.

Teks: Lita, Ilustrasi: Creative Commons - Lucy Fitch Perkins