Rahasia Warna Kulit dan Rambut

By willa widiana, Minggu, 3 Desember 2017 | 11:05 WIB
Rahasia Warna Kulit dan Rambut (willa widiana)

Manusia di planet Bumi sebenarnya sama, yang berbeda hanya warna rambut dan warna kulitnya saja. Warna kulit dan rambut yang berbeda itu disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah iklim dan tempat tinggal. Agar tidak penasaran, langsung kita cari tahu saja, yuk, rahasianya!

Afrika

Orang Afrika tinggal di Benua Afrika yang panas. Karena suhu yang panas, Orang Afrika punya kulit dan rambut yang berwarna hitam. Warna hitam itu berasal dari zat melanin. Zat ini punya tugas melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari. Tanpa zat melanin, penduduk Afrika bisa terkena kanker kulit. Nah, Teman-teman jangan heran kalau kulitnya berubah jadi kehitaman setelah bermain di luar rumah. Tandanya, zat melanin di tubuhmu bekerja dengan baik.

India

Manusia tinggal di daerah India sejak 60.000 tahun lalu. Mereka harus melalui Pegunungan Himalaya yang terjal. Hanya orang bertubuh kuat dan besar yang bisa bertahan hidup. Hal inilah yang membuat penduduk India banyak yang bertubuh besar. O iya, menurut ilmuwan, Orang India zaman dulu biasanya berambut panjang. Rambut panjang ini bisa melindungi mereka dari udara dingin. Seperti kita tahu, Pegunungan Himalaya yang sempat mereka lewati sangat dingin.

Eropa

Orang-orang di Benua Eropa biasanya punya kulit pucat dan rambut pirang. Ternyata... kulit pucat dan rambut pirang milik orang Eropa disebabkan oleh sinar matahari yang tidak terlalu terik. Udara di Eropa juga cukup dingin. Jadi, Teman-teman jangan heran kalau tangan dan kaki orang Eropa ditumbuhi rambut yang cukup lebat. Rambut di tangan dan kaki mereka ini bisa menahan hawa dingin yang ada di Eropa.

Baca Juga: Kenapa Masyarakat Indonesia Beragam? 

Indian

Kalau orang Indian (suku asli Amerika) kulitnya berwarna cokelat dan rambutnya berwarna hitam. Kenapa? Karena mereka tinggal di tempat yang dilewati garis khatulistiwa. Jadi, matahari di tempat ini lumayan terik. Namun, tidak se-terik di Afrika. Pada zaman dulu, orang Indian suka mengecat kulit mereka dengan cat merah. Karena kebiasaan ini, orang Eropa pun menyebut orang Indian sebagai orang berkulit merah.

Asia

Orang Asia yang biasanya punya rambut hitam dan kulit kuning hingga cokelat. Kulit orang Asia mengandung zat melanin juga, lo! Jadi, kulit orang Asia akan berubah jadi lebih cokelat, jika sering terkena panas. Zat melanin juga membuat rambut orang Asia berwarna hitam. O iya, tubuh orang Asia biasanya berukuran sedang, tidak terlalu tinggi seperti orang Eropa.

Nah, Teman-teman, itulah rahasia warna kulit dan rambut yang berbeda-beda.

Teks: Rna/Willa, Foto: pixabay.com