4 Upacara Adat untuk Anak di Indonesia

By willa widiana, Minggu, 3 Desember 2017 | 08:15 WIB
Upacara Potong Rambut Gimbal di Dieng (willa widiana)

Indonesia punya banyak upacara adat. Upacara adat itu tak hanya untuk orang dewasa, lo! Ada beberapa upacara adat yang dilakukan untuk anak-anak di Indonesia. Ada upacara apa saja kira-kira? Kita cari tahu, yuk!

1. Potong Rambut Gimbal - Dieng

Upacara potong rambut gimbal biasanya dilakukan oleh penduduk Dataran Tinggi Dieng. Menurut kepercayaan di sana, anak yang berambut gimbal akan menderita, jika rambut gimbalnya tidak dipotong. Sebelum proses pemotongan rambut dilakukan, anak berambut gimbal boleh meminta apapun yang mereka inginkan, selama orang tua mereka sanggup memberikannya.

2. Potong Gigi – Bali

Masyarakat Hindu di Bali selalu mengadakan upacara potong gigi kepada anak-anak mereka. Upacara ini hanya dilakukan sekali seumur hidup oleh setiap anak. O iya, gigi yang dipotong adalah gigi taring, itu pun hanya sedikit. Tujuannya, untuk menghilangkan sifat raksasa (sifat jahat) yang mungkin ada pada diri manusia.

3. Tedhak Siten – Jawa

Di Jawa, ada upacara adat Tedhak Sithen, artinya turun ke Bumi. Dalam upacara ini, anak akan dimasukkan ke dalam kurungan. Di dalam kurungan itu sudah ada bermacam-macam barang. Barang yang pertama kali diambil oleh sang anak melambangkan bakat anak tersebut. Keren, ya!

Baca Juga: Upacara Kasada, Tradisi Unik Suku Tengger

4. Baayun Mulud – Kalimantan

Baayun Mulud adalah upacara adat yang dilakukan oleh Suku Banjar di Kalimantan Selatan. Dalam upacara ini, anak-anak akan didudukkan dalam ayunan yang terbuat dari selendang ibunya. Setelah itu, ayunan akan diayun-ayun. Upacara ini biasanya dilakukan setiap Bulan Mulud (bulan kelahiran Nabi Muhammad).

Itulah upacara adat untuk anak-anak di Indonesia. Apakah di tempatmu ada upacara adat untuk anak-anak juga?

Teks: Joko/Willa, Foto: Ricky Martin