Makanan dan Minuman Tertua di Dunia

By Danastri Permata Putri, Minggu, 3 Desember 2017 | 10:45 WIB
Mie Tertua di Dunia (Danastri Permata Putri)

Makanan dan minuman ini usianya tua sekali. Umurnya mencapai ribuan! Wah, apa tidak kadaluarsa? Tentu saja tidak, karena makanan dan minuman ini sudah berupa artefak. Para arkeolog menemukannya di seluruh belahan dunia. Kira-kira apa saja, ya, makanan dan minuman itu?

Sup Tulang

Saat akan membuat bandara baru di perkuburan dekat Xian, para pekerja di Tiongkok menemukan wadah masaknya. Di dalamnya, terdapat cairan sup lengkap dengan tulangnya. Warnanya sudah berubah menjadi hijau karena proses oksidasi. Para arkeolog menduga bahwa sup tulang ini sudah berusia 2.400 tahun.

Mentega

Dulu, orang Irlandia menyimpan mentega dengan merendamnya di dalam lumpur. Pada tahun 2009, hal ini terbukti kebenarannya. Para arkeolog menemukan wadah yang penuh berisi mentega. Mentega tersebut sudah berubah warna menjadi putih. Teksturnya juga berubah menjadi seperti lilin. Diduga, umur mentega Irlandia ini sudah mencapai 3.000 tahun.

Mie

Tahun 2002, para arkeolog menemukan sebuah mangkuk tembikar dengan posisi terbalik di Cina. Ternyata, di dalamnya terdapat mie tertua sepanjang sejarah! Mie ini disimpan di dalam mangkuk tertutup dan terkubur sedalam 3 meter. Mie ini sudah berumur 4.000 tahun.

Roti

Artefak roti ini ditemukan di Oxfordshire, Inggris. Awalnya tidak ada yang menyangka bahwa ini adalah makanan, karena bentuknya yang lebih mirip arang. Tetapi setelah diperiksa, ditemukan kandungan gandum di dalamnya. Roti ini memiliki usia 5.500 tahun. diduga, ini merupakan roti buatan dari penduduk pertama yang tinggal di Inggris.

Wine

Di sebuah gua terpencil di Armenia, ditemukan wine atau minuman anggur tertua. Para arkeolog menemukan tabung fermentasi anggur, cangkir, beserta mangkuknya. Ini merupakan contoh lengkap dari produksi anggur paling awal. Umur minuman ini sudah mencapai 6.100 tahun. lo! Wah, tua sekali, ya!