Flakfortet, Benteng Pertahanan di Pulau Buatan

By Aan Madrus, Senin, 4 Desember 2017 | 05:15 WIB
Flakfortet, benteng pertahanan di pulau buatan. (Aan Madrus)

Flakfortet adalah sebuah benteng pertahanan yang dibangun untuk menjaga keamanan pelabuhan Kopenhagen, Denmark.

Flakfortet artinya benteng pasir. Flakfortet adalah benteng laut yang dibangun di pulau buatan, bernama Saltholmrev. Pulau dan benteng ini dibangun pada tahun 1910-1914. Luasnya mencakup 32.000 m2.

Kalau orang berbicara tentang Falkfortet, itu artinya orang berbicara tentang benteng Falkfortet dan Pulau Salholmrev.  Falkfortet dilengkapi dengan berbagai senjata, lampu sorot, dan barak yang bisa menampung 550 orang tentara. Namun, fungsinya sebagai benteng berakhir pada tahun 1968. Falkfortet pun ditinggalkan jadi kosong. Dalam kekosongannnya, Flakfortet dirampok. Semua hal yang bisa diambil dan dijual, diambil dari benteng, termasuk batu granit.

Pada tahun 1975, Kementerian Pertahanan Denmark menyewakan Flakfortet ke Copenhagen Sailing Association yang  membuka situs tersebut untuk umum. Sayangnya, banyak pengunjung yang mencorat coret bangunan tersebut. Pada tahun 2001 Flakfortet dijual ke perusahaan Swedia Malmökranen dengan syarat tetap menjaga situs itu dengan baik.

Setelah direnovasi, kini Flakfortet menjadi tempat rekreasi. Di sana ada restoran, lapangan golf, dan penginapan.  Pengunjung juga bisa mengikuti tur berburu hantu dan menonton konser. Selama musim panas, sebuah perusahaan feri, menyediakan lima jadwal perjalanan per hari ke pulau itu, dengan perjalanan memakan waktu sekitar 40 menit.

Foto: Creative Commons