Rahasia Ekor Cicak

By Aan Madrus, Senin, 4 Desember 2017 | 05:30 WIB
Foto (Aan Madrus)

Ketika diserang musuh, cicak akan memutuskan sebagian ekornya. Lucunya, ekor yang sudah terpisah dari badan itu masih bergerak-gerak hingga menarik perhatian musuh. Saat musuh memperhatikan gerakan ekor tersebut, sang cicak kabur untuk menyelamatkan diri.

Autotomi Ekor

Ekor cicak beruas-ruas. Di antara ruas-ruas tulang ekor itu, ada bagian yang menyempit. Bagian itu disebut dataran autotomi. Nah, dibagian daratan autotomi itulah ekor cicak putus. Karenanya cara cicak menyelamatkan diri cicak dengan memutuskan ekor disebut autotomi ekor.

Masih Bisa Bergerak

Cicak mempunyai medulla spinalis yang memanjang dari kepala hingga ekor. Medulla spinalis adalah bagian utama dari sistem saraf pusat. Saat ekor terlepas dari tubuh cicak, medulla spinalis itu hanya rusak sedikit. Medulla spinalis itu masih mampu menggerakkan ekor selama beberapa detik.

Tumbuh Lagi

Setelah terputus, ekor cicak akan tumbuh lagi. Pertumbuhan ekor dimulai setelah ekor sembuh. Kira-kira 5 – 6 hari kemudian. Pertumbuhan dimulai dengan keluarnya tunas. Dari tunas ini ekor tumbuh terus. Pada minggu ke-10 – 12 ekor baru sudah terbentuk sempurna. Bentuknya hampir sama dengan ekor yang asli. Tetapi ekor baru memiliki warna yang lebih pucat dan bentuk yang sisik berbeda.

Sumber:

Regenerasi Ekor Kadal (Eutropis multifasciata Kuhl) dan Prospek Aplikasinya

Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Pada Fakultas Biologi, Universitas Gajah Mada

Oleh: Prof. Dr. Nyoman Puniawati Soesilo, SU