Sengatan Bunuh Diri Lebah Madu

By Putri Puspita, Selasa, 5 Desember 2017 | 05:05 WIB
Lebah (Putri Puspita)

Tahukah teman-teman bahwa sengatan lebah madu merupakan serangan terakhir yang bisa mereka berikan, sekaligus merupakan serangan bunuh diri?

Koloni Lebah Madu

Lebah madu umunya bekerja di dalam koloni. Lebah madu di dalam koloni dapat dibedakan sebagai ratu lebah, dan lebah jantan, dan betina pekerja. Lebah pekerja bertugas mengumpulkan nektar dan menjaga sarang.

Sengat Lebah Madu

Lebah madu menggunakan sengat sebagai alat pertahanan dirinya. Sengat ini terdapat di bagian ekor dan tehubung dengan kelenjar racun. Racun lebah tergolong dalam jenis racun avitoksin yang mengakibatkan peradangan pada tubuh korbannya.

Pertahanan Diri Lebah Madu

Lebah madu mempertaruhkan hidupnya untuk mempertahankan sarang dan koloninya. Ketika sarangnya diserang atau diganggu, lebah pekerja akan langsung menyerang si pengganggu secara bersama-sama. Mereka menusukkan sengatnya pada tubuh lawan hingga lawan merasakan kesakitan.

Namun, sengat yang telah menusuk lawan akan terlepas dari tubuh lebah dan tertinggal pada tubuh lawan. Selain sengat, kelenjar racun juga akan ikut terlepas dari tubuh lebah. Hal inilah yang mengakibatkan kematian pada lebah madu tersebut. Jadi, lebah madu hanya mampu menyerang satu kali, dan serangan yang diberikannya merupakan serangan bunuh diri. Kasihan, ya!

Teks: Putri Puspita | Bobo.ID

Foto: Creative Commons