Banjir Rob, Akibat Gaya Gravitasi

By Sylvana Toemon, Senin, 4 Desember 2017 | 09:10 WIB
Banjir rob (Sylvana Toemon)

Banjir rob sering membuat masyarakat repot. Apakah yang dimaksud dengan banjir rob?

Karena Gaya Gravitasi

Banjir rob adalah naiknya permukaan laut karena gaya gravitasi Bulan dan Matahari. Kenaikan permukaan air laut ini membuat air sungai tidak bisa mengalir ke laut. Akibatnya, daerah di sekitarnya menjadi tergenang. Banjir rob ini sebenarnya hal yang wajar dan selalu terjadi di Bumi.

Baca juga: Waspada Bermain Air Saat Banjir

Permukaan Tanah yang Turun

Banjir rob bertambah tinggi karena turunnya permukaan tanah. Permukaan tanah dapat turun karena pengambilan air tanah yang terlalu banyak dan pembangunan yang berlebihan di atasnya. Selain itu, terkikisnya pantai juga membuat rob makin jauh ke daratan. Di beberapa daerah, ada tanggul khusus yang dibuat untuk menahan rob. Ada juga yang dilengkapi dengan pompa sehingga kelebihan air di daratan bisa dipindahkan ke laut.

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Supaya Tidak Banjir

Merugikan

Apabila tidak ditangani dengan baik, banjir rob itu sangat merugikan. Air laut yang asin akan merusak peralatan dari logam. Kendaraan bermotor bisa cepat rusak dan berkarat. Apabila sampai masuk ke dalam rumah, tentunya akan sangat mengganggu. Banyak orang yang terpaksa mengungsi karena tempat tinggalnya terkena rob.

Baca juga: Mangrove, Penjaga Pantai

Yang Dapat Dilakukan Anak-Anak

Perlu rencana dan pemikiran yang matang untuk mengatasi banjir rob. Sebagai anak-anak, kita juga dapat melakukan sesuatu, lo. Caranya dengan membuang sampah pada tempatnya, tidak menggunakan air tanah secara berlebihan, dan ikut menanam mangrove di pantai. Kamu bisa, kan?