Elephant Flying Squad, Kelompok Gajah Perdamaian

By willa widiana, Senin, 4 Desember 2017 | 08:59 WIB
Elephant Flying Squad, Kelompok Gajah Perdamaian (willa widiana)

Teman-teman mungkin pernah mendengar kabar tentang konflik antara gajah dan manusia di daerah Sumatera. Kabar itu memang benar, namun Teman-teman tidak udah khawatir. Saat ini sudah ada kelompok gajah perdamaian yang dinamai Elephant Flying Squad.

Sejak 2004

Elephant Flying Squad adalah tim patroli yang terdiri dari pawang (mahout) dan gajah yang sudah terlatih. Elephant Flying Squad sudah ada di Riau sejak 2004. Elephant Flying Squad bertugas mengurangi konflik antara gajah dan manusia yang sering terjadi di daerah itu.

Menggiring Gajah

Dalam seminggu, pawang dan para gajah akan berpatroli secara rutin. Jika ada gajah liar yang memasuki perkebunan atau wilayah manusia, Elephant Flying Squad akan menggiring gajah  liar kembali ke hutan. Jadi, konflik antara manusia dan gajah bisa dihindari.  Menurut catatan WWF-Indonesia, keberadaan tim ini ampuh mengurangi konflik antara gajah dan manusia, lo!

Harus Sehat

Patroli dilakukan di siang hari. Sebelum melakukan patroli, pawang akan menyiapkan peralatan yang diperlukan. O iya, gajah yang diajak berpatroli hanya gajah sehat. Gajah jantan yang sedang dalam masa berkembang biak dan gajah betina yang sedang hamil biasanya tidak diajak.

Baca Juga: Gajah, Mamalia Hebat

Hidup Nyaman

Gajah-gajah yang masuk ke dalam Elephant Flying Squad dibiarkan hidup di alam liar, tidak dimasukkan ke dalam kandang. Namun, gajah ini harus mengikuti latihan fisik dan patroli yang diadakan secara rutin. O iya, kesehatan para gajah yang ada di Elephant Flying Squad juga diperiksa secara rutin oleh dokter ahli. Jadi, kesehatan tubuhnya bisa terjaga dengan baik.

Keren, ya, Teman-teman. Semangat, ya, untuk para pawang dan teman Bona di Elephant Flying Squad.

Sumber: WWF-Indonesia, Foto: Iveta R.