Unik, Ada Ritual Mandi Kotoran Sapi di India

By Cirana Merisa, Senin, 4 Desember 2017 | 09:53 WIB
Ritual ini dipercaya akan melindungi anak-anak dari berbagai jenis penyakit. (Cirana Merisa)

Apa yang pertama kali terpikirkan saat mendengar kata “kotoran sapi”? Hiiy. Bau, kotor, dan jijik pasti langsung terasa. Percaya atau tidak, di India ada budaya memandikan bayi ke kotoran sapi, lo.

Sapi itu Suci

Bagi masyarakat India dan juga teman-teman kita yang beragama Hindu, sapi dipercaya sebagai hewan yang suci. Sapi sangat diagungkan dalam kitab suci mereka. Mereka juga menyembah dan mengagungkan sapi. Di India sendiri, jika ada orang yang membunuh sapi, orang itu bisa dijatuhi hukuman mati, lo.

Baca juga: Di India, Sapi Punya Ambulans Khusus Lo!

Ritual Mandi Kotoran Sapi

Ritual yang dilakukan oleh warga di Desa Betul di daerah Madhya Pradesh ini biasanya dilakukan sehari setelah upacara Diwali, perayaan terbesar masyarakat Hindu di India. Biasanya, beberapa minggu sebelum ritual, warga akan mengumpulkan kotoran sapi dan menumpuknya di suatu tempat yang luas. Saat hari ritual itu, mereka akan berdoa kepada dewa-dewa pada pagi hari.

Sorenya, mereka menceburkan anak-anak mereka ke atas kotoran sapi dan memandikannya dengan mengusapkan kotoran sapi itu ke seluruh tubuh anak. Ritual ini diikuti oleh anak-anak berusia lebih dari 1 tahun. Mereka melakukan ritual ini sampai pagi hari ketika matahari terbit.

Baca juga: Mengenal Diwali, Festival Besar Masyarakat India

Kepercayaan Warga

Warga di sana percaya bahwa ritual ini akan melindungi anak-anak dari berbagai jenis penyakit. Ritual ini juga dipercaya akan membawa keberuntungan bagi anak-anak mereka. Kotoran dan air pipis sapi digunakan untuk membersihkan rumah dari bakteri-bakteri jahat.