Desa Botol Plastik di Panama

By Sylvana Toemon, Senin, 4 Desember 2017 | 10:30 WIB
Desa botol plastik di Panama (Sylvana Toemon)

Bangunan-bangunan di desa ini terbuat dari botol plastik. Nama desanya adalah… Desa Botol Plastik atau The Plastic Bottle Village.

Baca juga: Apa Makna Tanda Segitiga di Bawah Botol Plastik?

Botol Plasik Jumlahnya Terus Bertambah

Desa ini terbentuk atas prakarsa Bapak Robert Bezeau yang berasal dari Kanada. Ia datang ke daerah Bocas di Panama pada tahun 2012. Saat itu ada banyak sekali botol plastik di tempat itu. Botol-botol plastik bekas minuman itu bertambah banyak setiap tahunnya. Hampir setiap orang di sana minum dari botol dengan kemasan plastik. Setelah digunakan, botol ini biasanya dibuang, padahal bahan plastik sangat susah terurai di alam. Pak Robert kemudian mendapatkan inspirasi untuk menjadikan botol-botol itu sebagai bahan bangunan.

Baca juga: Rumah-Rumah Ini Dibangun dari Botol Plastik

Bangunan dari Botol Plastik Bekas

Desa baru yang bangunannya dari botol plastik ini dibangun di Isla Colon, Provinsi Bocas del Toro di Panama. Desa ini baru dibangun pada tahun 2015. Saat ini, bangunan-bangunan di desa ini masih dalam proses pembangunan. Setiap bangunan rumah dibangun menggunakan botol-botol plastik bekas. Rumah-rumah ini menggunakan rangka besi sebagai tempat botol-botol itu. Beberapa rumah dilapis lagi menggunakan beton, sehingga terlihat mirip dengan bangunan rumah biasa. Rumah-rumah ini juga dilengkapi dengan saluran air dan saluran pembuangan.

Baca juga: Floating City App, Struktur Unit Terapung yang Dibuat dari Ribuan Botol Plastik

Keuntungan Bangunan Botol Plastik

Rumah berbahan botol plastik ini memiliki beberapa keuntungan. Yang utama tentu saja dapat memanfaatkan botol bekas yang biasanya dianggap sebagai sampah. Suhu di bagian dalam rumah botol ini terasa lebih sejuk dibandingkan dengan rumah beton biasa. Sehingga rumah ini tidak perlu pendingin ruangan bertenaga listrik. Rumah botol plastik ini juga lebih ringan dan lebih tahan gempa dibandingkan rumah beton.

Selain sebagai bahan bangunan, botol-botol plastik ini juga dapat digunakan sebagai pembuat rakit untuk alat transportasi di sungai.

Sumber: plasticbottlevillage.com