CT Scan Bajak Laut Ceria

By Sylvana Toemon, Selasa, 5 Desember 2017 | 09:10 WIB
Alat CT Scan Bajak Laut di RS Morgan Stanley di New York (Sylvana Toemon)

Kita sering kali merasa sedih kalau harus dirawat inap di rumah sakit.  Apalagi kalau harus ada alat-alat kedokteran canggih seperti CT Scan. Tak jarang, banyak anak-anak kecil yang menangis ketakutan di rumah sakit.

Baca juga: 7 Cara Menjadi Anak Sehat

Masuk Lorong Sepi yang Dingin

Salah satu ruangan yang cukup menakutkan bagi anak kecil, bahkan juga orang dewasa, adalah ruang CT Scan. Di ruang ini, pasien akan diperiksa bagian dalam tubuhnya. Computerized Tomograhpy (CT) Scan adalah teknologi yang menggunakan sinar X untuk melihat detail bagian dalam tubuh kita. Dengan menggunakan teknologi ini, dokter tidak harus membuka bagian tubuh kita untuk menemukan penyakit. Ketika pemeriksaan ini berlangsung, pasien akan dimasukkan ke dalam alat CT Scan. Rasanya seperti dimasukkan ke dalam lorong sepi yang dingin. Dengung suara mesin CT Scan membuat suasana makin mencekam. Tidak heran banyak anak yang takut bila harus menjalani pemeriksaan ini.

Baca juga: Dua Warna yang Tidak Boleh Digunakan di Rumah Sakit

Bajak Laut Ceria

Untuk mengurangi kesan menakutkan itu, RS Morgan Stanley di New York membuat peralatan CT-Scan yang menyenangkan. Mereka membuatnya dengan dekorasi bajak laut. Bajak lautnya tidak menyeramkan, kok. Malah lucu. Pasien yang akan diperiksa, tetap dimasukkan ke dalam mesin CT Scan. Yang membedakan, mesin ini terlihat seperti kapal. Pasien akan merasa masuk ke dalam kapal lewat lingkaran kemudi kapal. Dinding berwarna biru laut bergambar awan membuat suasana menjadi lebih sempurna.

Baca juga: Selain Dokter, Inilah 5 Profesi Lain yang Bekerja di Rumah Sakit

Pihak rumah sakit berharap, anak-anak yang harus dirawat dan menggunakan fasilitas ini tidak merasa terlalu takut atau tertekan. Walaupun sakit dan lemah, tetap bisa merasa senang. Mereka meyakini, hati yang gembira adalah obat.

Sumber: nyp.org/morganstanley