Inilah Gunung Berapi Tertinggi di Tata Surya

By Cirana Merisa, Kamis, 7 Desember 2017 | 05:35 WIB
Tinggi Olympus Mons mencapai 24 kilometer, sekitar 3 kalinya Gunung Everest. (NASA)

Siapa yang tahu gunung tertinggi di dunia? Yup, benar, Gunung Everest. Tapi kalau gunung tertinggi di tata surya kita, teman-teman ada yang tahu?

Olympus Mons

Gunung tertinggi di tata surya kita bernama Olymus Mons. Gunung ini terletak di dataran planet Mars. Wah, ternyata Mars dan planet-planet lain memiliki gunung juga, lo, seperti di Bumi. Bedasarkan data NASA, Olympus Mons ini tingginya mencapai 25 kilometer atau sekitar 3 kali lebih tinggi dari Gunung Everest, lo!

Baca juga: Yuk, Lihat 5 Fakta Seputar Gunung Jayawijaya!

Ditemukan Hampir 50 Tahun Lalu

Olympus Mons ini ditemukan pada tahun 1971 oleh observatorium ruang angkasa milik Amerika Serikat yang disebut Mariner 9. Pada saat itu, Mariner 9 yang berada di sekitar orbit Mars melihat sesuatu ini hanya sebagai gunung. Namun setelah diteliti lebih dalam, ternyata ini bukan hanya gunung biasa, tapi juga sebuah gunung berapi.

Terbentuknya Gunung

Para ilmuwan menyatakan bahwa Olympus Mons ini diperkirakan terbentuk dengan melalui proses yang sama seperti gunung-gunung di Bumi, yaitu terbentuk saat batuan-batuan panas terlempar ke atas dari bagian dalam planet.

Baca juga: Roraima, Bukan Gunung Berbentuk Segitiga

Keunikan Lainnya

Gunung berapi ini merupakan jenis gunung berapi perisai. Terdapat juga aliran lava yang bergerak sampai ke ketinggian tertentu. Uniknya lagi, dasar gunung terus turun sedalam 2 kilometer setiap tahunnya karena ada tekanan yang sangat besar yang menekan kerak planet Mars. Walaupun begitu, gunung raksasa ini masih bisa tumbuh lebih tinggi lagi, lo, karena di Mars tidak ada lempeng tektonik.