Jangan Takut Minum Susu

By willa widiana, Rabu, 6 Desember 2017 | 07:33 WIB
Jangan Takut Minum Susu (willa widiana)

Susu mengandung banyak zat. Setiap zat yang ada di dalam susu punya manfaat yang berbeda-beda, lo!

Menguatkan Tulang

Susu mengandung banyak kalsium. Kalsium dalam susu bisa membantu pertumbuhan tulang dan menjaga kekuatan tulang. Selain membantu proses pertumbuhan, kalsium pada susu juga bisa membantu proses pencernaan, lo!

Menjaga Berat Badan

Saat minum susu, protein dan zat lain yang ada pada susu akan membuat kita merasa kenyang. Jika perut sudah kenyang, kita pasti tidak mau ngemil. Semakin sedikit kita ngemil, semakin terjaga pula berat badan kita.

Bagaimana dengan Lemaknya?

Lemak yang ada pada susu berbeda dengan lemak yang ada pada makanan lain. Lemak pada susu diolah secara alami oleh bakteri yang ada di dalam saluran pencernaan sapi (biohidrogenasi). Jadi, lemaknya tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kegemukan.

Kalau lemak yang ada di makanan lain, seperti margarin dan minyak, diolah dengan alat khusus (hidrogenasi). Lemak yang diolah dengan cara ini tidak terlalu bagus, karena bisa mengganggu kesehatan dan menyebabkan kegemukan.

Baca Juga: 4 Macam Produk Susu yang Beredar di Pasaran

Bagaimana dengan Orang yang Alergi Susu?

Orang yang alergi terhadap susu bisa mengganti susu yang mereka minum dengan sari tumbuhan (susu dari tumbuhan). Sari tumbuhan itu ada banyak, lo! Ada sari kacang kedelai, sari kacang almond, hingga sari beras.

Nah, mulai sekarang, Teman-teman jangan takut minum susu, ya! Susu tidak menyebabkan gemuk, kok! Yang menyebabkan tubuh kita gemuk adalah porsi makan dan camilan yang tidak teratur.

Sumber: Press Conference Frisian Flag “Fakta Ilmiah Kebaikan Susu”, Ilustrasi: Ode