Lidah Unik Para Hewan

By willa widiana, Rabu, 6 Desember 2017 | 09:05 WIB
Lidah jerapah bisa mencapai 50 cm. (willa widiana)

Manusia punya lidah, begitu pun dengan hewan. Lidah hewan berbeda dengan manusia. Lidah hewan punya keunikan yang berbeda-beda, lo.

Lidah Jerapah

Lidah jerapah memang tidak sepanjang lehernya. Namun, panjang lidah jerapah bisa mencapai 45 – 50 cm. Lidah panjang jerapah bisa digunakan untuk mengambil daun akasia segar yang ada di atas pohon. Air liur jerapah dilengkapi dengan antiseptik. Jika lidahnya terluka karena duri akasia, air liur jerapah akan segera mengobatinya. O iya, lidah jerapah biasanya berwarna hitam, biru tua, hingga ungu tua. Warna gelap itu bisa menjaga lidah jerapah dari sengatan sinar matahari yang terik.

Lidah Trenggiling

Lidah trenggiling cukup kecil, namun panjang. Jika direntangkan, lidah trenggiling lebih panjang, daripada tubuh dan kepalanya. Berkat lidah panjangnya, trenggiling bisa menangkap serangga yang ada di dalam lubang-lubang kecil. Lidah trenggiling dilengkapi dengan cairan lengket. Serangga yang sudah terjebak di lidah trenggiling tidak bisa melarikan diri. O iya, trenggiling tidak punya gigi. Jadi, semua serangga yang mereka makan akan ditelan bulat-bulat. Saat sampai di perut, barulah serangga-serangga itu digiling. Unik, ya!

Lidah Burung Kolibri

Burung kolibri punya lidah unik yang bisa digunakan untuk mengambil nektar bunga. Menurut peneliti, lidah burung kolibri punya bulu-bulu kecil di bagian ujungnya. Bulu-bulu kecil ini bertugas mengambil nektar yang ada pada bunga.

Baca Juga: Macam-macam Lidah Reptil

O iya, burung kolibri juga termasuk hewan yang pintar, lo! Mereka bisa mengingat bunga yang pernah mereka kunjungi. Selain itu, mereka juga tahu, berapa lama nektar pada bunga itu akan terisi kembali. Keren, ya, burung satu ini!

Itulah lidah unik para hewan. Menurutmu, lidah siapa yang paling keren?

Foto: publicdomainpictures.net, pixabay.com