Miniaturk, Taman Mininya Turki

By Aan Madrus, Rabu, 6 Desember 2017 | 10:15 WIB
Miniaturk (Aan Madrus)

Turki adalah sebuah negara tua yang indah dan menakjubkan. Di sana banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur yang luar biasa indah. Untuk melihat semua keindahan bangunan itu dalam waktu satu hari, tentu saja tidak cukup. Untung ada Miniaturk.

Miniaturk adalah taman mini yang terletak di Semenanjung Golden Horn, di Istanbul, Turki. Miniaturk mulai dibangun tahun 2001 dan secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 2 Mei 2003. Di taman seluas 60.000 meter persegi itu kita bisa melihat 122 buah model bangunan, reruntuhan bangunan, dan keindahan alam Turki dengan perbandingan ukuran 1:25.

Model bangunan itu, yang aslinya ada di Istanbul dan Anatoli, namun ada juga yang berada di luar Turki. Misalnya Temple of Artemis di Ephesus, Yunani. Meskipun berada di luar Turki, bangunan itu merupakan peninggalan Kekaisaan Ottoman.

Di taman mini itu ada jalan setapak yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga kita tidak perlu bingung memilih jalur. Dengan mengikuti jalur itu, kita bisa melihat dan menikmati semua bangunan yang ada. Misalnya Topkapi Palace, Menara Jam Izmir, Pamukkale, Hagia Sophia, Blue Mosque, Cappadocia, dan masih banyak lagi.

Di depan setiap bangunan, ada speaker yang akan menjelaskan mengenai bangunan ini. Bahasa yang dipilih pun cukup banyak, yaitu bahasa Turki, Inggris, Perancis, Jerman, Arab dan Rusia. Sayang, ya, tidak ada bahasa Indonesia.

Foto: Creative Commons