Bahan Bakar Kopi untuk Bus di London

By willa widiana, Rabu, 6 Desember 2017 | 10:05 WIB
Bus di London Menggunakan Bahan Bakar Kopi (willa widiana)

Bus di Kota Jakarta menggunakan Bahan Bakar Gas. Kalau bus di Kota London, menggunakan Bahan Bakar Kopi. Unik, kan?

Bio-Bean

Bahan bakar kopi yang digunakan oleh bus di London itu dibuat oleh perusahaan Bio-Bean. Untuk membuat bahan bakar kopi, perusahaan ini harus mengekstrak minyak dari ampas kopi. Setelah itu, minyak akan dicampur dengan biodiesel (bahan bakar yang terbuat dari minyak sayur atau lemak hewan).

Dikumpulkan

Setiap tahun, negara Inggris menghasilkan setengah juta ton ampas kopi. Ampas kopi yang banyak itu akhirnya dikumpulkan oleh perusahaan Bio-Bean. Setelah dikumpulkan, barulah ampas kopi itu diolah menjadi bahan bakar bus. O iya, ampas kopi sebanyak itu didapatkan dari ribuan gerai kopi di seluruh Inggris.

Baca Juga: Bolehkah Anak-anak Mengonsumsi Kopi?

Satu Bus

Bahan bakar kopi yang dihasilkan oleh perusahaan Bio-Bean memang belum banyak. Jumlahnya baru bisa digunakan pada satu bus selama satu tahun. Namun, perusahaan ini berharap, suatu hari nanti bus-bus di London bisa menggunakan bahan bakar kopi.

Selain itu, perusahaan ini juga berharap, suatu hari nanti bisa membuat bahan bakar kopi tanpa campuran biodiesel. Jadi, udara di kota ini lebih nyaman dan bersih dari karbondioksida.

Keren, ya, tujuan perusahaan ini. Semoga, perusahaan seperti ini juga ada di Indonesia, ya, Teman-teman.

Sumber: VOA Indonesia melalui nationalgeographic.co.id, Foto: Creative Commons