Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dibungkus Aluminium Foil

By Yomi Hanna, Kamis, 7 Desember 2017 | 03:35 WIB
Makanan apa yang sebaiknya tidak menggunakan aluminium foil? (Hanna Vivaldi)

Teman-teman mungkin sudah pernah melihat aluminium foil. Benda ini sering digunakan sebagai pembungkus ataupun pelapis berbagai makanan. Dari sekian banyak jenis makanan, ternyata tidak semuanya boleh dilapisi atau dibungkus dengan aluminium foil, lo. Jenis makanan apa saja, ya, yang tidak boleh menggunakan aluminium foil ini?

Tidak Cocok untuk Makanan yang Mengandung Asam

Ternyata aluminium foil tidak boleh digunakan pada jenis makanan yang mengandung asam yang cukup banyak. Seperti makanan yang mengandung saus tomat, jeruk, atau cuka.

Baca juga : Jenis Makanan yang Bisa Mengubah Warna Pipis

Untuk membuktikannya, coba teman-teman tempatkan makanan yang mengandung asam di atas aluminium foil. Kita akan melihat lubang-lubang kecil yang muncul di aluminium foil tersebut. Nah, ini terjadi karena sebagian material aluminium yang terdapat dalam aluminium foil, ikut masuk ke dalam makanan yang mengandung asam tersebut.

Aluminium dan Makanan Asam Menyebabkan Reaksi

Aluminium adalah logam aktif yang jika bertemu asam akan menyebabkan reaksi. Reaksi ini membuat makanan menjadi sedikit berasa logam. Tidak hanya itu, reaksi ini juga membentuk bitnik-bintik putih pada makan asam tersebut. Bintik-bintik yang kita lihat merupakan garam hasil dari reaksi tadi.

Baca juga : 7 Makanan yang Tercipta Tanpa Sengaja

Apakah Ini Berbahaya?

Aluminium bukanlah jenis mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang banyak. Jika terlalu banyak menerima aluminium, maka dikhawatirkan akan memengaruhi organ-organ di dalam tubuh kita. Duh!

Oleh sebab itu, teman-teman sebaiknya tidak menyimpan makanan yang mengandung asam menggunakan aluminium foil, ya!