Mengapa Kaki Tiba-tiba Terasa Kram Saat Tidur?

By Yomi Hanna, Minggu, 10 Desember 2017 | 06:55 WIB
Tiba-tiba kaki kram saat tidur (Hanna Vivaldi)

Pernahkah teman-teman terbangun karena kaki terasa kram? Mungkin kita bingung apa yang menyebabkannya. Apalagi di saat kita tidur, kita sedang tidak melakukan aktivitas fisik apapun. Kaki kram yang kita rasakan dapat mengganggu waktu tidur dan bisa menjadi masalah kesehatan lain. Jadi, kenapa ya kita bisa tiba-tiba merasakan kram?

Dehidrasi

Kaki kram saat tidur umumnya disebabkan karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Kurangnya cairan dalam tubuh, membuat otot kita bekerja lebih keras hingga menyebabkan kram pada kaki. Oleh sebab itu, sebaiknya kita meminum air putih yang cukup sebelum tidur.

Baca juga : 5 Gangguan Tidur yang Aneh

Melakukan Aktivitas yang Melelahkan

Selain itu, kita mungkin bisa mengingat kembali kegiatan kita selama satu harian penuh. Apakah kita sebelumnya banyak melakukan aktivitas atau tidak. Aktivitas fisik yang sangat melelahkan selama satu hari, sangat mudah menimbulkan ketegangan otot. Terlalu banyak olahraga juga bisa, lo, mengakibatkan kaki kram saat tidur.

Penyakit

Kaki kram juga bisa disebabkan karena adanya penyakit. Jenis penyakit yang disebabkan kelenjar tiroid bekerja terlalu berat. Sehingga mengakibatkan kaki dan tangan sering terasa kram.

Baca juga : Apa yang Dilakukan Otak Saat Tidur?

Kekurangan Zat Gizi

Penyebab lainnya adalah karena kita kekurangan beberapa zat gizi. Mineral penting seperti sodium dan potasium dalam tubuh kita harus terpenuhi, ya, untuk mencegah terjadinya kaki kram saat tidur.

Sumber : Nakita.id