Apa yang Harus Dilakukan Saat Melihat Tindakan Bullying?

By willa widiana, Jumat, 8 Desember 2017 | 06:55 WIB
Apa yang Harus Dilakukan Saat Melihat Tindakan Bullying? (willa widiana)

Bullying merupakan salah satu tindakan tidak terpuji. Meski begitu, masih ada anak-anak yang melakukan bullying terhadap temannya. Bullying bisa terjadi di mana saja, salah satunya di sekolah. Kira-kira... apa yang harus kita lakukan saat melihat tindakan bullying?

Bicara Baik-baik

Beberapa teman kita kadang tidak sadar, kalau perbuatan yang mereka lakukan sudah masuk ke dalam jenis bullying. Jika Teman-teman menyadari hal itu, coba bicara langsung kepada mereka. Katakan dengan baik-baik, bahwa perbuatan mereka sudah masuk ke dalam jenis bullying. Katakan juga kalau perbuatan yang mereka lakukan itu kurang baik.

Menemani

Seseorang menjadi korban bullying karena selalu terlihat sendirian. Supaya teman kita tidak menjadi korban bullying lagi, cobalah untuk menemaninnya. Misal, menemaninya makan siang, menemaninya berjalan hingga pintu gerbang, atau menemaninya pergi ke perpustakaan. Mempunyai seorang teman bisa menghindarkan kita dari bullying, lo!

Baca Juga: Kenali Para Pelaku Bullying

Memberitahu Orang Dewasa

Kadang, kita suka takut saat melihat seseorang terkena bullying. Jika merasa takut, coba laporkan kepada orang tua atau guru di sekolah. Mereka pasti punya cara untuk membantu teman kita yang terkena bullying di sekolah.

O iya, saat melihat tindakan bullying, kita jangan menyaksikannya, ya! Menyaksikan seseorang yang terkena bullying sama saja dengan mendukung pembullyan. Jadi, kalau Teman-teman menyaksikan tindakan bullying, segera pergi dan laporkan kepada orang dewasa.

Nah, Teman-teman, itulah hal yang harus kita lakukan saat melihat tindakan bullying.

Ilustrasi: Ode