Toilet di Stasiun Antariksa Internasional

By Sylvana Toemon, Sabtu, 9 Desember 2017 | 09:10 WIB
Toilet di stasiun antariksa internasional (Sylvana Toemon)

Saat berada di antariksa, tentunya astronaut juga harus membuang air besar dan air kecil. Bagaimana bentuk toilet di stasiun antariksa internasional, ya?

Baca juga: Stop! Jangan Ditahan Kalau Ingin Pipis

Perlu Penanganan Khusus

Berada di antariksa, artinya berada di tempat yang gravitasinya kecil, atau malah tidak ada. Benda-benda dapat beterbangan dengan bebas. Begitu pula halnya dengan air besar dan air kecil. Perlu penanganan khusus untuk hal ini. Apalagi ada astronaut yang harus tinggal selama berbulan-bulan di stasiun antariksa.

Baca juga: 3 Toilet Keren di Dunia

Toilet Canggih

Pada tahun 1960-an, toilet di antariksa belum terlalu dipikirkan. Astronaut harus berjuang untuk dapat membuang air besar dan air kecil sambil menjaga lingkungannya tetap bersih. Penyempurnaan toilet luar angkasa terus dilakukan. Sekarang, toilet di stasiun luar angkasa dilengkapi dengan alat-alat dan sistem yang canggih. Alat-alat ini dilengkapi dengan aliran udara bertekanan tinggi. Kotoran yang dibuang langsung diisap sehingga tidak sampai melayang.

Baca juga: Seberapa Besar Stasiun Antariksa Internasional?

Perlu Latihan Khusus

Penggunaan toilet khusus ini berbeda dengan toilet biasa yang ada di Bumi. Karena itu, astronaut yang akan pergi ke luar angkasa harus berlatih dulu. Latihan ini diperlukan supaya toilet dapat digunakan dengan baik dan astronaut tidak sampai merusak toilet. Toilet khusus ini harganya sangat mahal, lo.

Sumber: Space.com