Kecoak dari Masa Dinosaurus

By willa widiana, Minggu, 10 Desember 2017 | 03:35 WIB
Kecoa Dari Masa Dinosaurus (willa widiana)

Jika mendengar zaman dinosaurus, pikiran kita pasti akan membayangkan hewan-hewan aneh dan besar. Namun, zaman dinosaurus tak hanya diisi hewan aneh dan besar, lo! Contohnya kecoak yang satu ini.

Manipulator modificaputis

Kecoak dari zaman dinosaurus itu bernama Manipulator modificaputis. Ia ditemukan di daerah Noije Bum, Myanmar. Saat ditemukan, kecoak ini sudah terjebak di dalam amber (resin pohon yang memfosil). Orang yang menemukan kecoak ini adalah Pak Peter Vrsansky dari Geological Institute di Bratislava dan Pak Gunter Bechly dari State Museum of Natural History di Stuttgart.

Suka Berburu

Kecoak yang satu ini punya kaki yang panjang dan kepala yang bisa berputar. Mirip seperti belalang sembah. Karena dua anggota tubuhnya yang unik, para peneliti pun memperkirakan, bahwa kecoak ini suka berburu. Terutama saat malam hari tiba.

Baca Juga: Kecoa si Fosil Hidup

Bertubuh Kecil

Meski hidup di zaman dinosaurus (sekitar 100 juta tahun lalu), kecoak ini punya tubuh yang cukup kecil. Panjangnya hanya 4,5 milimeter dan lebarnya sekitar 2 milimeter. Meski kecil, ia tetaplah seorang pemburu.

Sumber & Foto: Kompas.com