3 Hewan Unik di Dunia

By willa widiana, Minggu, 10 Desember 2017 | 04:05 WIB
Katak Transparan (willa widiana)

Hewan yang ada di bumi benar-benar beragam. Saking beragamnya, mungkin ada beberapa hewan yang bisa dikatakan unik. Berikut tiga hewan unik di dunia menurut Bobo.

1. Katak Kaca

Hewan unik ini ditemukan pertama kali pada tahun 1872. Hingga saat ini, ada 50 spesies katak kaca yang berhasil diidentifikasi di seluruh dunia. Ukuran katak ini cukup kecil, yakni 3 – 7 cm atau sebesar jari manusia dewasa. Katak kaca mempunyai perut yang transparan, sehingga organ dalam tubuhnya bisa terlihat dengan jelas.

2. Kumbang Jerapah

Mendengar kata jerapah, kita pasti langsung membayangkan hewan dengan leher yang panjang. Lalu, bagaimana dengan kumbang jerapah? Apakah ia mempunyai leher yang panjang juga?

Sesuai namanya, kumbang jerapah mempunyai leher yang panjang juga. Hanya saja, ada satu buah sendi di leher serangga itu. Jadi, lehernya bisa ditekukkan. Serangga unik berwarna merah hitam ini berasal dari Madagaskar.

Leher panjang bagi kumbang jantan berfungsi sebagai alat bertarung saat memperbutkan kumbang betina. Bagi kumbang betina, leher panjang itu berfungsi untuk membantunya membangun sarang.

Hewan yang baru ditemukan pada tahun 2008 ini memiliki leher sepanjang 2,5 cm. Nah, karena hal itu, kumbang ini pun dinyatakan sebagai kumbang dengan leher terpanjang di dunia.

3. Laba – laba Bertanduk

Laba – laba bertanduk juga dikenal dengan laba – laba kepiting. Nama itu diberikan karena ia memiliki tempurung yang berwarna-warni. Selain itu, ia juga mempunyai tanduk yang berfungsi untuk mengusir predator.

Baca Juga: Aye-Aye, Hewan Pembawa Nasib Buruk

Hewan yang bisa tumbuh sepanjang 10 – 13 mm ini bisa ditemukan di seluruh dunia. Namun, hewan ini paling mudah ditemui di Taman Florida yang lembap. Laba-laba bertanduk biasanya berkamuflase di atas bunga. Saat berada di atas bunga, ia akan memburu lebah yang datang untuk mengambil madu. Ukuran laba-laba ini memang kecil, namun ia cukup berbahaya jika menggigit manusia.

Nah, Teman-teman, itulah 3 hewan unik di dunia menurut Bobo.

Foto: Creative Commons